Inovasi Abad ke-19 Dihadirkan pada Block untuk Memerangi Kecanduan Smartphone

Design
16.03.19

Inovasi Abad ke-19 Dihadirkan pada Block untuk Memerangi Kecanduan Smartphone

Keadaan ‘offline’ seseorang telah menjadi barang mewah di masa kini.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Vestianty

Foto: Dezen

Sudah menjadi hal yang lumrah pada masa kini jika setiap harinya tangan kita selalu berada tidak jauh dari benda bernama ‘smartphone dalam segala aktivitas. Ponsel memang benar telah meningkatkan produktivitas seseorang dalam berbagai hal, namun di satu sisi juga dapat menimbulkan ketergantungan. Desainer produk berbasis di Amsterdam, Ernst Koning, telah menciptakan ‘Faraday cage’ berbentuk segi enam portable untuk membantu seseorang mematikan sementara smartphone-nya.

Terinspirasi dari penemuan seorang tokoh Michael Faraday yang pada tahun 1836 menemukan sebuah penutup bernama “Faraday Cage”, Block adalah sebuah wadah aluminium yang dapat menyimpan hingga tujuh smartphone dan memblokir semua koneksi sinyal. Digambarkan sebagai tampilan ‘mewahnya’ dari kandang Faraday terdahulu – perisai anti-elektromagnetik yang terbungkus jala –, Ernst Koning menggunakan aluminium pada bagian luar peranti ini untuk menghilangkan arus listrik yang dihasilkan dari medan elektromagnetik eksternal atau internal termasuk wifi dan semua sinyal telepon lainnya. “Masukkan saja telepon Anda ke dalamnya dan tutup. Blok akan memblokir semua sinyal masuk dan keluar, memungkinkan Anda untuk lebih hadir pada suatu momen,” tuturnya. Ia berpendapat bahwa keadaan ‘offline’ seseorang telah menjadi barang mewah saat ini.

Koning menciptakan Block bekerja sama dengan pengusaha dan kreatif Belanda, Fabian Sapthu, Sidney Vollmer, dan Daan van Dam. Dengan Block, diharapkan akan memberi orang hubungan yang lebih sehat dengan smartphone mereka dan kesempatan untuk terhubung kembali dengan keluarga dan teman, menyelesaikan sesuatu, atau hanya mematikannya sejenak. Block mengklaim bahwa casing heksagonalnya, yang tersedia dalam variasi warna kuning, hitam atau aluminium hijau, lebih efektif daripada hanya mematikan telepon, karena menghilangkan perangkat dari pandangan pengguna. Merek tersebut mengatakan bahwa penelitian terbaru menunjukkan bahwa ponsel yang berada di dekat seseorang akan mengalihkan perhatian pengguna dari keterlibatan sosial di kehidupan nyata serta mengurangi fokus dan kekuatan otak.

Sebagai langkah selanjutnya, Block mengatakan akan mulai berkolaborasi dengan fotografer, animator, penulis, pemahat, desainer audio, dan pelukis untuk membahas dan merenungkan topik offline di dunia yang semakin digital.

Akankah produk ini ampuh mengurangi pemakaian smartphone masa kini?whiteboardjournal, logo