“The Dead Don’t Die”, Kolaborasi Teranyar Adam Driver dan Jim Jarmusch

Film
04.04.19

“The Dead Don’t Die”, Kolaborasi Teranyar Adam Driver dan Jim Jarmusch

Film terbaru dari Jim Jarmusch bergenre komedi horor.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Wintang Warastri
Foto: GQ

Setelah film “Paterson” yang menuai sukses baik di antara kritikus dan penonton, aktor Adam Driver dan sutradara Jim Jarmusch kembali berkolaborasi dalam film terbaru bergenre komedi horor, “The Dead Don’t Die”. Selain Driver, aktor Bill Murray yang juga pernah bekerja sama dengan Jim dalam film “Broken Flower” (2005) pun turut memiliki peran.

Pada trailer-nya, dapat terlihat berbagai kilasan karakter yang akan menghidupkan jalan cerita, yakni berisi jajaran pemain papan atas, mulai dari Chloe Sevigny, Tilda Swinton hingga RZA dan Selena Gomez. Sebelum film ini, Jarmusch telah dikenal sebagai sutradara di balik film-film independen seperti “Stranger Than Paradise” (1984), “Down by Law” (1986), dan “Only Lovers Left Alive” (2013) yang bergaya minimalis dan berfokus pada mood serta perkembangan karakternya. Dengan ciri khasnya, “The Dead Don’t Die” pun kembali menawarkan storytelling dengan karakter kompleks dan tentunya cast terbaik.

Bicara tentang tema filmnya yang mengangkat tema zombie seringkali mencuri perhatian. Namun timbul pertanyaan, apakah karya Jarmusch ini bisa menyajikan hal baru di tengah saturasi film-film sejenis? Paling tidak, “The Dead Don’t Die” menjanjikan berbagai kemungkinan plot twist menarik dari kumpulan karakter yang sekilas tampak tidak berkorelasi antara satu dengan lainnya, seperti Tilda Swinton yang awalnya tampil sebagai seorang perias jasad di suatu rumah jenazah, dan kemudian ia muncul kembali bak seorang samurai, juga RZA yang hadir dalam perannya sebagai pekerja UPS.

Tak hanya itu, hal menarik lainnya bisa ditemukan dari trailer-nya yang tidak banyak membocorkan plot, dan meskipun jalan cerita film ini tidaklah sepenuhnya misterius, berbagai variasi karakter yang muncul sepanjang trailer menjadi faktor tidak terduga dalam “The Dead Don’t Die.” Di satu sisi, kemunculan kabar ini disambut baik oleh penggemar Jarmusch tapi adanya kesan absurd dari ceritanya dan tanggal kemunculan trailer yang bertepatan dengan 1 April, membuat banyak orang mengira film ini adalah bagian dari lelucon April Mop.

Film ini akan dirilis pada 14 Juni mendatang.whiteboardjournal, logo