Miu Miu dan M/M Paris Menciptakan M/Matching Colorstool

Design
11.05.19

Miu Miu dan M/M Paris Menciptakan M/Matching Colorstool

Objek yang mewakili ekspresi estetika dan emosi pemiliknya melalui desain.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Wintang Warastri
Foto: Dezeen

Dideskripsikan sebagai “a board game without rules”, Miu Miu menggandeng agensi kreatif M/M Paris untuk mendesain sebuah bangku bertekstur lubang-lubang di seluruh permukaannya yang dapat diisi dengan pasak kecil berwarna-warni menyerupai korek api. Terbuat dari kayu linden, M/Matching Colorstool mengajak penggunanya untuk mengkreasikan bangku tersebut sesuai selera pribadi lewat berbagai kemungkinan pola dan kombinasi warna.

Bangku ini pertama kali dimunculkan dalam instalasi yang berpartisipasi dalam Milan Design Week selama 9 hingga 14 April lalu. Berlokasi di Teatro Gerolamo, instalasi tersebut dimaksudkan untuk menampilkan sisi permainan dan teatrikal dari bangku-bangku ini. Pendekatan M/M Paris dalam prinsip desain bangku ini, adalah untuk melihat objek sebagai “real-life symbols and combinatory elements that are part of a wider program of signs.” Miu Miu berharap objek ini dapat mewakili ekspresi estetika dan emosi pemiliknya, melalui desain yang dapat dikostumisasi sewaktu-waktu.

Terinspirasi dari konsep desain arsitektur brutalist, M/Matching Colorstool memiliki dasar bentuk yang sama dengan bangku yang pernah diduduki para tamu dari Miu Miu F/W 2018. Koleksi F/W 2018 yang memperlihatkan siluet dan warna era 60an diterjemahkan dalam berbagai warna yang digunakan pada “korek api” pengisi lubang-lubang tersebut.

Sebanyak 300 bangku telah diproduksi, untuk kemudian dijual di flagship store Miu Miu di Via Sant’Andrea di Milan. Toko tersebut pun sempat mendedikasikan area etalasenya untuk memajang berbagai kreasi M/Matching Colorstool.whiteboardjournal, logo