Gimme 5: Rute Sepeda Pilihan Ippe “Cyclonesia”

Travel
06.06.19

Gimme 5: Rute Sepeda Pilihan Ippe “Cyclonesia”

Dari Sumba Timur hingga Bali.

by Ghina Sabrina

 

Irfan Wahyudi atau yang lebih dikenal dengan sapaan “Ippe” merupakan salah satu sosok yang memiliki andil besar dalam perkembangan budaya sepeda fixed gear di Indonesia. Maka dari itu, tidak heran jika nama “Cyclonesia” pun masih melekat hingga sekarang. Sebagai seorang cyclist, rute terjauh yang pernah ia tempuh dengan sepeda fixed gear adalah Jakarta-Bandung, namun ia pernah juga pernah menjalankan aktivitas bersepeda di kota-kota lainnya seperti Bogor, Bali dan Banyuwangi. Maka dari itu, kami menanyakan Ippe tentang rute sepeda keliling Indonesia terseru pilihannya.

Sumba Timur

Beberapa kali ke Sumba Timur dan tidak pernah bosan dengan alamnya. Membayangkan naik sepeda dari kota Waingapu, ke air terjun Waimarang, Pantai Puru Kambera, ke Walakiri, bukit Morinda atau ke tempat lainnya sambil minum air kelapa dan pisang goreng (secetek itu).

Rute 5cm di kawasan gunung Bromo

Rute ini sangat menantang, karena lebarnya hanya 1,5 meter dengan jurang di kanan-kiri. Selain dingin, kabut juga menyelimuti track-nya.

Sumatra Barat

Sangat ingin menelusuri track-nya Tour De Singkarak, kejuaraan balap sepeda resmi dari Persatuan Balap Sepeda Internasional (Union Cycliste International) yang diselenggarakan setiap tahun di Sumatra Barat.

Yogyakarta

Kalau di sini cocok banget riding muter-muter kota sambil kulineran dari Malioboro-Keraton-Kotagede. Atau bisa juga ke Makam Raja-Raja Mataram di Imogiri.

Bali

Di Bali, semua dapat kita dapatkan dengan mudah hanya dengan bersepeda. Dari naik gunung, menyusuri pantai, melewati pertanian, kuil, galeri, ke kafe-kafe gaul, bahkan belanja ke supermarket. Seperti Bali Bike Park, Gunung Batur, dataran tinggi Kintamani, Ubud, Teras Sawah Jatiluwih, Desa Putung, adalah beberapa track seru yang bisa dilalui dengan sepeda beramai-ramai.whiteboardjournal, logo