Places to Go: Ayam Afrika

Culinary
29.06.19

Places to Go: Ayam Afrika

Ayam goreng resep Afrika dengan rasa Indonesia.

by Whiteboard Journal

 

Foto: Moses Sihombing 

WHERE

Dibuka dari tahun 2003, Ayam Afrika telah singgah di gang kecil jalan Kebon Sirih Timur selama 16 tahun. Menawarkan menu beragam dengan resep turun temurun, kedai ini telah memperkenalkan citarasa Afrika ke lidah orang-orang Indonesia. 

WHY

Berbeda dari kedai ayam goreng lainnya, kedai ini buka selama 24 jam, sehingga pengunjung dapat menikmati gurihnya Ayam Afrika kapan saja. Karena konsep dan rasa menarik, tak heran bahwa kedai ini jarang sekali sepi. Satu hal keunikan kedai ini adalah komitmennya terhadap autentisitas. Banyaknya kedatangan turis asal Afrika dengan tips untuk penyempurnaan resep racikan bumbu, membuat hidangan yang mereka tawarkan terus laris hingga hari ini. Tetapi uniknya, racikan bumbu buatan kedai ini sangat menyerupai bumbu kuning khas Indonesia. 

WHAT

Secara tradisional, hidangan ini cukup disantap dengan bawang bombay mentah. Namun, kedai ini menyajikan bawang bombay masak, sehingga memberi sedikit rasa manis di setiap suapan. 

Tentu, menu andalan kedai ini adalah Ayam Goreng berbumbu kuning yang harus didampingi dengan seporsi Pisang Goreng, juga nasi hangat. Perpaduan harmonis antara rasa gurih dan manis dalam satu hidangan. Selain itu, terdapat satu menu lagi yang juga ditonjolkan oleh para konsumennya, yaitu Kambing Afrika dengan bumbu dan pendamping serupa dengan menu ayamnya. 

Ayam Afrika

Jl. Kebon Sirih Timur No.02, 
Menteng, Jakarta Pusatwhiteboardjournal, logo