Amazon Hadirkan YouTube TV dalam Fire TV dan Beberapa Smart-TV Lainnya

Media
06.10.19

Amazon Hadirkan YouTube TV dalam Fire TV dan Beberapa Smart-TV Lainnya

Memperbaiki relasi antar sesama perusahaan besar berbasis teknologi dengan menjalin kerja sama.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Gernas Geraldi
Foto: Amazon

Sejak awal berdirinya pada tahun 2005, YouTube kini telah menjadi media alternatif pilihan orang untuk memperoleh berbagai macam informasi, mulai dari cara membuat masakan, merakit barang, atau sekadar mencari konten hiburan. Banyak masyarakat yang lebih memilih menggunakan YouTube dibandingkan dengan media mainstream lainnya, sehingga banyak perusahaan TV yang bekerjasama dengan YouTube dalam menyediakan layanan live streaming. Melihat banyaknya pengguna dan perkembangan industri di dalam YouTube, dikabarkan Amazon menghadirkan YouTube TV dalam platform TV streaming-nya yang bernama Fire TV Amazon.

YouTube TV sendiri adalah layanan televisi internet yang menawarkan siaran langsung TV, video berdasarkan permintaan dan DVR berbasis cloud yang terdiri lebih dari 70 jaringan televisi. Saluran YouTube TV ini mencakup jaringan utama Amerika Serikat seperti ABC, CBS, NBC, Fox, FX, AMC, CNN, TBS, Discovery, hingga ESPN. Setelah kenaikan harga layanan streaming yang diumumkan Google pada bulan April lalu menjadi 50 USD per bulan, saat ini sudah tersedia di platform Fire TV Amazon. YouTube TV ini bisa ditemukan di Fire TV Stick generasi kedua, Fire TV Stick 4K, Fire TV Cube, Smart-TV Toshiba dan Insignia Fire TV Edition, dan banyak lagi. 

Alasan Amazon menghadirkan YouTube TV dalam platformnya adalah, Amazon dan Google berada dalam sebuah perselisihan. Google menolak untuk mengizinkan aplikasi streaming pada hardware Amazon, dan Amazon menahan dukungan Google Chromecast dari aplikasi streaming Prime Video miliknya. 

Lewat kebijakan ini diharap dapat memperbaiki relasi antara kedua pihak, sehingga layanan YouTube TV sudah tiba di Fire TV Amazon dan begitu juga dengan kehadiran Prime Video dalam Google Chromecast. whiteboardjournal, logo