Menyindir Masalah Sosial dan Politik, Joan Cornella Ciptakan Patung “SELFIE GUN”

Art
17.10.19

Menyindir Masalah Sosial dan Politik, Joan Cornella Ciptakan Patung “SELFIE GUN”

Patung berukuran 10 inci yang terjual dalam edisi terbatas.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Muhammad Agung Kurniawan
Foto: SirJoancornella Instagram

Bagi para pengguna aplikasi Instagram maupun aplikasi media sosial lainnya pasti pernah mendengar atau sekilas melihat komik bisu yang terlihat sadis dan aneh. Joan Cornella Vazquez, pria berkebangsaan Spanyol inilah adalah sosok illustrator di balik pembuatan komik strip bisu yang biasa kita lihat di Instagram. 

Bulan lalu, ia sukses merilis sebuah patung berbahan dasar perunggu berjudul “SELFIE GUN” yang terjual habis dengan cepat. Untuk pertama kalinya, artis yang berbasis di Barcelona ini merilis figur berukuran 10 inci dalam edisi terbatas. Bekerja sama dengan AllRightsReserved, Joan Cornella menggambarkan pria berpakaian jas dengan warna yang sama dengan memegang tongkat selfie yang dipasangkan dengan pistol.

Subjek kartunnya terlibat dalam situasi yang mencerminkan masalah sosial-politik pada skala global. Cornella menjelaskan, “Saya pikir kita semua menertawakan kesengsaraan. Kita harus mulai dari gagasan bahwa ketika kita tertawa, kita harus tahu terhadap apa kita menertawakan sesuatu, lalu dengan rasa empati atau tidak, selalu ada tingkat kekejaman dalam hal tersebut. Terlepas dari itu, saya sadar bahwa jika salah satu karakter kartun ini  terjadi di kehidupan nyata, saya tidak akan tertawa sama sekali.”

Sementara itu dalam penciptaan karyanya kali ini, tampaknya sederhana dan ringan hati, Cornella menggunakan sindiran untuk mengomentari sisi manusia yang agak menyeramkan dan suram.whiteboardjournal, logo