NASA Akan Uji Robot Bawah Laut Terbaru Menyelam di Antartika

Human Interest
01.12.19

NASA Akan Uji Robot Bawah Laut Terbaru Menyelam di Antartika

Robot canggih bernama “BRUIE”.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Novila Nuramalia
Foto: NASA

NASA diketahui telah bersiap-siap untuk melakukan uji coba robot submersible di bawah laut es Antartika. Diberi nama Buoyant Rover for Under-Ice Exploration (BRUIE), robot dua roda ini menggunakan daya apung untuk menambatkan dirinya sendiri secara terbalik di tepi bawah es. 

Konsep ini jelas membedakannya dari robot berenang bebas lainnya, yang mana robot ini dirancang khusus untuk mencari kehidupan laut di luar angkasa, seperti EurEx (Europa Explorer). Dalam beberapa minggu mendatang, NASA diketahui akan bekerja sama dengan Australian Antarctic Program untuk menggerakan BRUIE di bawah es laut dekat Stasiun Casey. “Kami akan menguji daya tahan bajak, terutama berapa lama baterai dapat bertahan dalam kondisi lapangan yang ekstrim dan bagaimana ia menangani berbagai medan,” tutur Andy Klesh, lead engineer BRUIE.

NASA berharap, BRUIE pada akhirnya akan dapat menangani situasi air sedingin es selama berbulan-bulan tanpa kehabisan daya, yang akan diperlukan untuk misinya nanti ke dunia asing, juga bisa menjelajahi lautan luar angkasa atau satelit es di planet Saturnus, Enceladus, untuk mencari adanya tanda-tanda kehidupan di sana. Belum ada kejelasan apakah sebuah robot tersebut akan berhasil menemukan jalan mereka ke laut Eropa Antartika, tetapi tekad bulat tim NASA seakan memperkuat upayanya akan berhasil dan memunculkan terobosan robot submersible canggih baru di dunia.whiteboardjournal, logo