Raf Simons Resmi Ditunjuk sebagai Co-Creative Director Prada

Fashion
24.02.20

Raf Simons Resmi Ditunjuk sebagai Co-Creative Director Prada

Sebagai co-creative director, Raf Simons akan bekerja sama dengan head designer Prada, Miuccia Prada.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Avicena Farkhan Dharma
Foto: Hypebeast

Setelah berbulan-bulan spekulasi, fashion designer Raf Simons akhirnya berlabuh sebagai Co-Creative Director untuk fashion house asal Italia, Prada. Sebagai co-creative director, Raf Simons akan bekerja sama dengan Head of Designer Miuccia Prada. Pengumuman resmi dilakukan oleh Raf Simons dan Miuccia Prada pada sebuah konferensi pers rahasia di Milan Fashion Week. Keduanya menyebutkan bahwa akan berbagi tanggung jawab dalam proses kreatif dan pengambilan keputusan. Raf Simons akan memulai posisi barunya pada tanggal 2 April, dengan koleksi pertamanya diperkirakan untuk hadir pada bulan September di Milan Fashion Week.

“Kami menyukai satu sama lain, kami menghargai satu sama lain, dan mari kita lihat apakah (kolaborasi) ini dapat menghasilkan sesuatu,” ucap Prada dan Simons pada konferensi pers di Milan Fashion Week. Di kesempatan yang sama, Raf Simons juga menuturkan bahwa dirinya di-approach oleh CEO Prada Group, Patrizio Bertelli, tidak lama usai hengkang dari Calvin Klein pada 2018 silam. Desainer asal Belgia ini juga menyebutkan bahwa dia dan Miuccia telah berdiskusi untuk melihat kembali bagaimana kreativitas dapat berevolusi di sistem dan industri fesyen hari ini.

Rumor soal merapatnya Raf Simons ke Prada sebenarnya sudah terdengar sejak awal tahun 2020. Hubungan antara Raf Simons dengan Prada juga sejatinya telah terbentuk sejak tahun 2005, ketika Raf berperan sebagai creative director untuk Jil Sander selama tujuh tahun. Saat itu, Jil Sander merupakan brand yang dibawahi oleh Prada Group. Dengan bergabungnya Raf Simons sebagai co-creative director Prada, ia pun turut mencetak sejarah sebagai orang pertama di luar keluarga Prada yang memimpin luxury fashion house asal Milan ini.

whiteboardjournal, logo