LACMA Merilis Katalog Lengkap dari Eksibisi Yoshitomo Nara

Art
10.04.20

LACMA Merilis Katalog Lengkap dari Eksibisi Yoshitomo Nara

Museum berlokasi di Los Angeles ini sediakan karya-karya tersebut melalui katalog lengkap dari lukisan, sketsa, hingga instalasi.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Annisa Nadia Harsa
Foto: Yoshitomo Nara

Era social distancing telah menyebabkan banyak museum maupun galeri seni untuk menutup dari kunjungan-kunjungan publik. Fenomena tersebut pun meningkatkan kadar kreativitas dari inisiatif-inisiatif yang dilakukan oleh berbagai macam institusi budaya dan kesenian. Seperti yang baru-baru ini dilakukan oleh LACMA, atau Los Angeles County Museum of Art, terhadap eksibisi Yoshitomo Nara yang baru saja dibuka pada Februari 2020 kemarin.

Sebagai upaya untuk menghadirkan karya-karya tersebut bagi yang belum berkunjung, LACMA akan merilis buku katalog berisi karya-karya Yoshitomo Nara yang terdapat dalam eksibisi ini. Buku hard cover dengan ketebalan 224 halaman ini akan menampilkan dan menjelaskan secara rinci cerita dibalik karya-karya seniman tersebut. Eksibisi dari seniman asal Jepang ini menampilkan lebih dari 100 karya-karyanya dari tahun 1984 hingga 2020. Eksibisi retrospective ini juga menampilkan karya-karya lintas medium, dari lukisan-lukisan, sketsa, seni ukir, hingga instalasi. Tak hanya itu, eksibisi ini juga menerangkan relasi dari proses karya Yoshitomo Nara dan pengaruh-pengaruh gerakan Neo Pop yang mendominasi musik Jepang di tahun 60-an dan 70-an. 

Selain dokumentasi dan arsip karya, buku ini nantinya juga akan mencakup kumpulan esai dari kurator-kurator yang terlibat, seperti Mika Yoshitake dan Michael Govan. Tak hanya itu, buku katalog ini juga disertai oleh 14 booklet serta vinyl LP yang berisi musik-musik oleh Yo La Tengo, salah satu band favorit dari seniman ini.

Bagi yang berminat, buku katalog dari Yoshitomo Nara ini sudah dapat dibeli dengan harga $300 melalui situs resmi LACMA.whiteboardjournal, logo