Taschen Menambahkan “The Stanley Kubrick Archives” dalam Koleksi Bibliotheca Universalis

Film
11.06.20

Taschen Menambahkan “The Stanley Kubrick Archives” dalam Koleksi Bibliotheca Universalis

Buku hard cover dengan sekitar 800 halaman ini mendokumentasikan perjalanan karir Kubrick dari “Killer’s Kiss” hingga “Eyes Wide Shut”.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Annisa Nadia Harsa
Foto: Taschen

Taschen, sebuah penerbit buku khusus mengenai seni, film, dan arsitektur telah menambahkan “The Stanley Kubrick Archives” dalam koleksi terbitan Bibliotheca Universalis, koleksi yang mengangkat judul-judul buku favorit dan pilihan. Buku tersebut diterbitkan pertama kalinya oleh Taschen pada tahun 2005 silam dan merupakan sebuah homage dan pengarsipan karya serta berbagai macam proses kreatif yang terlibat dalam karir Kubrick.

Menurut situs mereka, buku arsip karya Stanley Kubrick ini merekam perjalanan karirnya secara kronologis, dimulai dengan frame awal karya film bertajuk “Killer’s Kiss” yang rilis tahun 1955 dan berakhir dengan frame terakhir dari karya yang bertajuk “Eyes Wide Shut” pada tahun 1999. Bentuk rekaman dan dokumentasi pun datang dalam bentuk yang beragam, mulai desain set film, sketsa-sketsa, dokumen, naskah, catatan, draft, hingga jadwal syuting film-film tersebut. Tak hanya itu, “The Stanley Kubrick Archives” juga dilengkapi oleh berbagai esai, artikel, serta wawancara bersama tokoh sutradara tersohor tersebut. 

Foto: Taschen

Buku hard cover yang memiliki sekitar 800 halaman ini juga merupakan bentuk selebrasi akan salah satu sutradara ternama pada abad ke-20 tersebut. Bagi penggemar sutradara di balik film “2001: A Space Odyssey”, buku “The Stanley Kubrick Archives” sudah dapat dibeli melalui situs resmi Taschen dengan kisaran harga sebesar $20. 

Tak hanya buku, sebelumnya para penggemar Kubrick juga telah disuguhi oleh trailer resmi dari film dokumenter mengenai sutradara tersebut berjudul “Kubrick Kubrick”, salah satu film yang batal ditayangkan di Tribeca Film Festival tahun ini akibat COVID-19.whiteboardjournal, logo