Supreme Rayakan Seniman Leigh Bowery dalam Koleksi Spring 2020

Fashion
25.06.20

Supreme Rayakan Seniman Leigh Bowery dalam Koleksi Spring 2020

Sebagai tribute, Supreme juga akan mendonasikan sebagian penghasilan koleksi ini untuk organisasi yang memberi bantuan bagi seniman pengidap HIV/AIDS.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Annisa Nadia Harsa
Foto: Supreme

Memberi tribute kepada tokoh-tokoh ikonis melalui perilisan koleksi bukanlah hal yang asing bagi Supreme, label streetwear dan skateboarding asal New York. Kali ini, untuk koleksi Spring 2020 yang mendatang, Supreme telah merancang sebuah koleksi yang memberi tribute untuk Leigh Bowery, sosok seniman dan artis pertunjukan sekaligus tokoh ikonis dalam kultur club scene London pada tahun 1980-an dan tutup usia akibat komplikasi HIV/AIDS pada tahun 1994.

Sebagai seniman, Leigh Bowery terkenal dengan penyaluran ekspresi melalui kostum serta pertunjukan yang sangat berwarna, eksperimental, eksentrik dan menantang batasan-batasan dalam seni dan ekspresi pada saat itu. Selain itu, ia kerap menjadi model atau subjek untuk pelukis Lucian Freud dan terkenal sebagai penggelar acara klub malam bernama “Taboo” yang kerap didatangi ikon dan seniman lain seperti musisi Boy George. Dalam koleksi khusus dari Supreme ini, semangat yang ekspresif dari Bowery ini melalui print yang menggambarkan karya-karyanya pada masa itu.

Selain memberi tribute melalui sebuah desain yang datang dalam bentuk t-shirt lengan panjang, sweatshirt, dan print t-shirt, Supreme juga akan mendonasikan sebagian dari penjualan koleksi tersebut untuk Visual AIDS. Organisasi yang berlokasi di New York tersebut berfokus dalam memberi kepada seniman yang mengidap penyakit HIV/AIDS sekaligus mengedukasi publik mengenai penyakit tersebut. 

Koleksi tribute untuk Leigh Bowery ini kabarnya akan meluncur pada 25 Juni dan hanya akan dirilis secara eksklusif melalui situs resmi mereka. whiteboardjournal, logo