Luncurkan Pameran Bernama “In Her Body”, Cakravala Eksplorasikan Tubuh Perempuan Sebagai Entitas Fisik

Art
22.10.20

Luncurkan Pameran Bernama “In Her Body”, Cakravala Eksplorasikan Tubuh Perempuan Sebagai Entitas Fisik

Pameran online ini juga menyoroti hubungan yang dimiliki wanita dengan tubuh mereka dan bagaimana dunia luar mengaburkan persepsi mereka tentang hal tersebut.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Adinda Mutiara Anisa
Foto: Cakravala

Cakravala, sebuah platform online dari Bali yang mempersonifikasikan dirinya sebagai galeri digital, baru saja mengumumkan pameran online pertama mereka. Dinamakan “In Her Body”, pameran ini merupakan pameran yang mengeksplorasi tubuh perempuan sebagai entitas fisik. Hal ini ditujukan untuk menyoroti hubungan yang dimiliki wanita dengan tubuh mereka dan bagaimana dunia luar mengaburkan persepsi mereka tentang hal tersebut.

Terkenal sebagai e-commerce untuk seni, Cakravala selalu berusaha untuk memamerkan karya baru dari para seniman Indonesia. Hal ini mereka lakukan untuk merayakan keragaman seni dan budaya tanah air. Dalam pameran online “In Her Body”, mereka juga akan menampilkan karya-karya dari salah satu seniman Bali yaitu Naomi Samara.

Lahir dan dibesarkan di Bali, Naomi merupakan keturunan Jawa dan memiliki medium artistik yang beragam. Mulai dari lukisan dan kertas, perhiasan, dan masih banyak lagi. Sebagai seorang seniman, karya Naomi sangat intuitif dan spontan. Dia selalu terinspirasi oleh tubuhnya sendiri, yang di mana selalu ia gunakan sebagai kerangka kerja untuk memandu proses pekerjaan seninya.

Memiliki taglineNarrating Through Art’, Cakravala sendiri ingin menyampaikan bahwa karya yang ditampilkan oleh mereka akan disajikan dengan berbagai narasi yang menarik. Mereka melakukan ini dengan tujuan agar audiens yang muda dan seterusnya dapat mengakses pameran seni online mereka. Melalui lensa seniman baru, seni sendiri sudah berubah menjadi anekdot untuk urusan sosial saat ini yang diwakili oleh budaya dan kerangka kontemporer. Namun, tidak hanya terbatas pada satu visi, Cakravala bertujuan untuk memberikan ruang bagi seniman, penonton, dan kurator untuk bersatu dan dapat membentuk perspektif baru melalui tematik dan komparatif pendekatan, di mana berbagai media hidup berdampingan untuk menunjukkan kemungkinan praktik artistik yang tidak terbatas. 

Pameran online “In Her Body” sudah berlangsung dan dapat diakses dari 16 Oktober hingga 20 November 2020. Bagi yang tertarik, lihat dan simak pameran mereka di sini.whiteboardjournal, logo