Sebuah Lagu yang sebelumnya Dibuat untuk Soundtrack “2001: A Space Odyssey” Akhirnya Dirilis setelah 50 Tahun

Music
19.01.21

Sebuah Lagu yang sebelumnya Dibuat untuk Soundtrack “2001: A Space Odyssey” Akhirnya Dirilis setelah 50 Tahun

Lagu tersebut berjudul “2001: A Garden of Personal Mirrors”, ditulis oleh rekan kerja Kubrick yang bernama Mike Kaplan, dan dinyanyikan oleh musisi folk; Naomi Gardner.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Daniet Dhaulagiri
Foto: Dazed / 2001: A Space Odyssey

Memilih daftar lagu untuk mengisi sebuah film dan menjadi soundtrack-nya memang tidak mudah, sutradara dan music director harus melakukan proses kurasi mengenai lagu apa saja yang akan mengisi film garapannya. Tidak cukup hanya terdengar enak, atau karena lagu tersebut sedang populer, mungkin ada saja yang seperti itu, namun alangkah lebih baiknya jika lagu yang dipilih memiliki relevansi konteks atau maknanya dengan film tersebut. Maka tak aneh jika banyak sekali lagu yang berakhir tak digunakan oleh sang sutradara.

Salah satunya lagu berjudul “2001: A Garden of Personal Mirrors” yang sebelumnya ditolak untuk mengisi film karya Stanley Kubrick yang cukup ikonik, yakni 2001: A Space Odyssey, karena Kubrick menganggap lagu tersebut tidak akan meledak, dan dirinya pada saat itu memutuskan memilih “Also Sprach Zarathustra”, musik klasik gubahan Richard Strauss. Perlu waktu lebih dari 50 tahun hingga akhirnya lagu buatan Mike Kaplan—yang juga dikenal sebagai rekan kerja Kubrick—muncul kembali di bawah naungan sebuah label rekaman asal Bristol, yakni Wave Theory Records.

Dalam sebuah pernyataan mengenai lagu “2001: A Garden of Personal Mirrors” yang akhirnya dirilis setelah setengah abad berlalu semenjak pembuatannya, Mike Kaplan berkata, “The single’s intent was to capture the different responses 2001 was generating from audiences and the media, the many levels of interpretation and appreciation, from its hypnotic visuals to its metaphysical illuminations. We also wanted to instil curiosity among audiences who had not yet seen what was becoming a cultural phenomenon.” Kaplan menggaet seorang musisi folk bernama Naomi Gardner untuk mengisi bagian vokal lagu tersebut.

Belakangan telah ditemukan pula beberapa sisa karya dari Stanley Kubrick yang cukup menarik, di antaranya adalah skenario Burning Secret dan sekuel Clockwork Orange yang belum rampung. Untuk kalian yang penasaran dengan “2001: A Garden of Personal Mirrors” bisa kalian dengarkan melalui tautan di bawah ini.whiteboardjournal, logo