VH AWARD, Salah Satu Upaya Hyundai Motor Group untuk Mengangkat Seniman Asia

Art
08.03.21

VH AWARD, Salah Satu Upaya Hyundai Motor Group untuk Mengangkat Seniman Asia

Lima orang seniman yang terpilih karyanya akan mendapatkan hadiah sebesar $ 25.000 USD.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Daniet Dhaulagiri
Artwork: DONGJOO SEO, A Thousand Horizons, Grand Prix of the 3rd VH AWARD

Tahun ini menjadi kali keempat untuk Hyundai Motor Group menggelar program VH AWARD, acara tersebut diperuntukkan bagi seniman media di Asia yang sedang berkembang. VH AWARD pertama diadakan pada 2016 silam di Korea. 

Untuk gelaran yang keempat ini VH AWARD melebarkan jangkauannya ke seluruh seniman di Asia yang kerap terlibat dengan konteks Asia. Upaya Hyundai Motor Group melalui VH AWARD ini agar nantinya para seniman berbakat di Asia ini mampu untuk mencapai jenjang yang lebih jauh; menampilkan praktik artistiknya di lingkup internasional yang lebih masif.

Beberapa kurator dan sutradara terkenal juga turut terlibat menjadi juri di VH AWARD yang keempat; Sook-Kyung Lee (Senior Curator, International Art (Hyundai Tate Research Centre: Transnational) Tate Modern), Christopher Phillips (Independent Curator & Critic), Roderick Schrock (Curator, Executive Director of Eyebeam), Aaron Seeto (Director, Museum MACAN), June Yap (Director, Curatorial, Collections and programmes, Singapore Art Museum).

Nantinya lima seniman yang terpilih oleh juri akan memberikan sekitar $ 25.000 USD atas karya seninya. Lalu karena program tersebut bekerja sama dengan EYEBEAM yang merupakan pusat seni dan teknologi nirlaba asal New York. Mereka yang terpilih akan diundang untuk berpartisipasi mengikuti rangkaian program residensi online yang akan dipimpin langsung oleh kurator dari EYEBEAM.

Nantinya upacara penghargaan akan diadakan pada bulan Oktober 2021, momen tersebut juga sekaligus dijadikan pengumuman Grand Prix terakhir yang akan mendapatkan hadiah tambahan sebesar $ 25.000 USD, dan karyanya akan dipamerkan di berbagai platform global. 

Untuk kalian yang tertarik mengikuti program VH AWARD, kesempatan untuk mendaftarkan diri berakhir pada 19 Maret 2021 (KST). Perihal persyaratan yang diperlukan, kalian bisa mengecek langsung di situs web ini.whiteboardjournal, logo