Fitur Baru Google “Heads Up” akan Mengirimkan Notifikasi pada Pengguna yang Berjalan Sambil Menggunakan Ponsel

Media
16.04.21

Fitur Baru Google “Heads Up” akan Mengirimkan Notifikasi pada Pengguna yang Berjalan Sambil Menggunakan Ponsel

Fitur “Heads Up” sejauh ini masih dalam versi beta yang bisa diakses melalui aplikasi Digital Wellbeing dari Android.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Daniet Dhaulagiri
Foto: Richard Levine /Corbis / Getty Images

Berapa banyak kecelakaan ringan hingga fatal yang terjadi akibat seseorang berjalan kaki sambil memainkan gawai pribadinya? Pastinya tidak sedikit. Beberapa orang memang sudah terbiasa berjalan sambil menatap layar HP, entah karena sibuk perihal pekerjaan atau memang sudah terlanjur jadi kebiasaan. 

Sudah pasti hal tersebut sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan, maka dari itu Google membuat sebuah fitur baru bernama “Heads Up” sebagai upaya mengingatkan orang-orang yang berjalan kaki namun sambil menatap layar HP-nya untuk berhenti memainkannya dan fokus berjalan. Fitur tersebut sejauh ini baru bisa digunakan oleh pengguna Android saja.

Penggemar teknologi Jay Prakash Kamat—yang menggunakan Pixel 4a—mengunggah tangkapan layar fitur “Heads Up” yang sejauh ini bisa diakses melalui aplikasi Digital Wellbeing dari Android.

Fitur “Heads Up” membutuhkan akses dari pengguna pada aktivitas fisik dan lokasi untuk memantau pemakaian HP yang akan mendistraksi perhatian saat berjalan kaki. Meski akan mengirimkan peringatan, menggunakan “Heads Up” tidak bisa menggantikan perhatian kita sepenuhnya untuk hambatan atau kondisi lalu lintas yang akan datang.

Sejauh ini “Heads Up” masih dalam versi beta di aplikasi Digital Wellbeing, namun para pengguna Android juga bisa mencba pengalaman menggunakan fitur terbaru Google melalui program beta yang disediakan perusahaan tersebut.

Google mengatakan dalam deskripsi mengenai fitur baru tersebut, “If you’ve ever tripped on the sidewalk or walked into a pole while texting, you’re not alone. If your phone screen is unlocked and you’re walking, you’ll receive a gentle nudge to look up and pay attention to what’s around you.

Bagi kalian yang saat ini menggunakan gawai pribadi berbasis Android, kalian berkesempatan untuk mencobakan fitur “Heads Up” tersebut.whiteboardjournal, logo