Representasi Perempuan Hadir di Cannes Dengan Terpilihnya Pimpinan Lima Juri Perempuan

Film
08.07.21

Representasi Perempuan Hadir di Cannes Dengan Terpilihnya Pimpinan Lima Juri Perempuan

Festival film terbesar di dunia ini telah lama bersaing dengan Venice Film Festival atas problem rendahnya jumlah representasi wanita dalam posisi berpengaruh.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Hanindito Buwono
Foto: REUTERS/Johanna Geron

Pada perhelatan Cannes Film Festival tahun ini, perempuan akan melebihi jumlah laki-laki dalam pimpinan jurinya. Total akan ada lima wanita yang akan menjadi pimpinan panelis juri di ajang festival film terbesar di dunia.

Cannes Film Festival, bersama dengan Venice Film Festival, telah lama bersaing dan dikritik atas problem rendahnya jumlah sutradara wanita yang mengikuti festival film tersebut serta representasi wanita dalam posisi berpengaruh.

Lima wanita yang akan menjadi pimpinan panelis juri di Cannes Film Festival terdiri dari aktris Melanie Laurent, kemudian dua sutradara Jessica Hausner dan Mati Diop, hingga penyanyi Mylene Farmer.

Walaupun Cannes Film Festival sudah mencanangkan inisiatif ini, untuk tahun ini total hanya empat dari 24 film panjang yang terpilih untuk memperebutkan Palme d’Or disutradarai oleh wanita. Meskipun demikian, jumlah sutradara wanita yang ikut dalam acara paralel lainnya dan berbagai program kompetisi telah meningkat.

“Ini mencerminkan bahwa masyarakat kita sekarang siap untuk perubahan tertentu yang seharusnya sudah terjadi sebelumnya,” kata sutradara Jessica Hausner. 

Cannes Film Festival 2021 akan berlangsung pada 6-17 Juli ini.whiteboardjournal, logo