“Steam Deck” Penanding Nintendo Switch yang Menawarkan Game Steam On The Go

Media
20.07.21

“Steam Deck” Penanding Nintendo Switch yang Menawarkan Game Steam On The Go

Ingin main game Steam tanpa perlu buka PC? Desember nanti bisa dilakukan dengan Steam Deck.

by Shadia Kansha

 

Photo: Valve

Para pemain Dota, Counterstrike, Left 4 Dead dan Portal, pasti tidak asing dengan Valve. Produsen game tersebut baru saja mengumumkan unit game genggam baru-nya yang disebut “Steam Deck”. Perangkat portabel all-in-one ini menghadirkan seluruh perpustakaan game dan fitur Steam untuk digunakan dengan mudah.

Perangkat berjalan pada chip AMD khusus yang dioptimalkan untuk game genggam. Ini memiliki opsi penyimpanan internal yang dapat disesuaikan — 64GB eMMC, 256GB NVMe SSD atau 512GB NVMe SSD — dan dapat ditambah dengan kartu microSD. Speaker stereo memungkinkan kejernihan audio yang menakjubkan, sementara baterai 40 watt jam onboard menyediakan “beberapa jam waktu bermain untuk sebagian besar game.” Ada satu jack USB-C yang dapat digunakan untuk mengisi daya atau menghubungkan ke perangkat periferal, sementara konektivitas WiFi dan Bluetooth memungkinkan tautan ke sejumlah add-on nirkabel.

Steam Deck juga memiliki sejumlah fitur untuk mempercantik yang membuat pengalaman bermain game menjadi yang terbaik, termasuk layar sentuh 7 inci, thumbstick terbaik di kelasnya, pemicu analog, tombol pegangan, dan trackpack.

Selain itu, perangkat ini penuh dengan perangkat lunak yang diharapkan pengguna dari Steam. Ada Cloud Saves, yang memungkinkan transisi mulus antara PC dan perangkat, Remote Play, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan streaming game dari PC ke Deck mereka, serta toko Steam, opsi obrolan dan notifikasi.

Steam Deck mulai dikirimkan Desember 2021, dan reservasi dibuka 16 Juli di wilayah tertentu. Harga untuk model penyimpanan yang lebih rendah mulai dari $399 USD (IDR 5.800.000,00) sedangkan opsi penyimpanan yang lebih besar tersedia seharga $649 USD (IDR 9.500.000,00). whiteboardjournal, logo