Soundtrack Haikyu di Pertandingan Voli, Hingga Karya Kreator One Piece di Persilangan Pop Kultur dengan Olimpiade 2020

Sports
26.07.21

Soundtrack Haikyu di Pertandingan Voli, Hingga Karya Kreator One Piece di Persilangan Pop Kultur dengan Olimpiade 2020

Olimpiade kali ini akan tidak seperti perhelatan akbar sebelumnya, dengan diadakan saat pandemi COVID-19 yang mengakibatkan pengetatan protokol kesehatan.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Hanindito Buwono
Foto: CBR

Salam olahraga! Gelaran Olimpiade Tokyo akhirnya sudah dikumandangkan pada 23 Juli lalu dengan Opening Ceremony yang dihelat di Olympic Stadium, Tokyo. Perhelatan yang biasa dilaksanakan pada empat tahun sekali mungkin akan terasa berbeda dengan edisi-edisi sebelumnya.

Pandemi COVID-19 melanda masyarakat membuat Olimpiade Tokyo yang seharusnya digelar pada tahun lalu terpaksa ditunda hingga tahun ini. Terlepas dari beberapa protes dari masyarakat lokal dengan keberadaan Olimpiade ini di tengah kasus positif COVID-19 di Jepang sedang naik-naiknya, tidak menyurut berbagai masyarakat untuk berkontribusi dalam agenda yang dinantikan ini, tidak terkecuali dengan anime, manga, serta video game Jepang.

Pop culture Jepang sangat dinikmati oleh warga dunia, seperti anime, manga, dan video game misalnya telah menginspirasi untuk berkontribusi dalam merayakan Olimpiade Tokyo 2020. Karena itu, kami membuat rangkuman terbaik dari beberapa bagian pop culture Jepang yang masuk ke ajang akbar olahraga dunia.

Opening Ceremony Olimpiade Tokyo Menampilkan Lagu dari Video Game Ikonik

Foto: Patrick Smith/Getty Images/ Square Enix

Pada gelaran Opening Ceremony Olimpiade Tokyo pada 23 Juli, dalam bagian Parade of Nations – bagian dari Opening Ceremony di mana para atlet berjalan ke stadion dengan bendera negara mereka – ditemani oleh sejumlah lagu dari franchise video game paling ikonik di Jepang.

Seketika, banyak penggemar dengan cepat langsung mengetahui musik dari video game favorit mereka. Di media sosial penggemar mengekspresikan kegembiraan mereka melihat industri video game diwakili di salah satu acara olahraga terbesar di dunia.

Berikut full tracklist dalam Parade of Nations di Opening Ceremony Olimpiade Tokyo 2020:
– “Overture: Roto’s Theme” dari Dragon Quest
– “Victory Fanfare” dari Final Fantasy
– “Sorey’s Theme – The Shepherd” dari serial The Tales
– “Proof of a Hero” dari Monster Hunter
– “Olympus Coliseum” dari Kingdom Hearts
– “Frog’s Theme” dari Chrono Trigger
– “First Flight” dari Ace Combat
– “Royal Capital Majestic Grandeur” dari serial The Tales
– “Wind of Departure” dari Monster Hunter
– “Robo’s Theme” dari Chrono Trigger
– “Star Light Zone” dari Sonic the Hedgehog
– “eFootball walk-on theme” dari Winning Eleven (Pro Evolution Soccer)
– “MAIN THEME” dari Final Fantasy
– “Guardians” dari Phantasy Star Universe
– “Hero’s Fanfare” dari Kingdom Hearts
– “01 ACT I-1” dari Gradius (Nemesis)
– “Song of the Ancients” dari NieR
– “The Orchestral SaGa – Legend of Music” dari serial The SaGa
– “The Brave New Stage of History” dari Soul Caliber

“Haikyuu!!” dan Olimpiade Tokyo Saling Merayakan Kemenangan

Foto: Haikyuu!!/Shueisha

Olimpiade Tokyo dan serial anime bola voli “Haikyuu!!” memiliki momen kejutan kemenangan gabungan. Lagu “Imagination” oleh SPYAIR dimainkan selama momen yang sangat berkesan bagi “Haikyuu!!” dan Olimpiade Tokyo.

Lagu tersebut dimainkan di akhir pertandingan antara tim voli Jepang dan Venezuela. Penggemar memperhatikan bahwa lagu yang sangat disukai ternyata dimainkan saat pertandingan, ketika Jepang mengklaim kemenangan pertamanya di Olimpiade dalam 29 tahun.

Google Merayakan Olimpiade Tokyo dengan Game Doodle yang Terinspirasi 16-bit

Foto: Studio 4°C

Google merayakan budaya dan olahraga Jepang dengan Doodle interaktif yang unik. Dengan dapat dimainkan di browser apa pun di desktop atau seluler, “Doodle Champion Island Games” adalah Doodle interaktif terbesar serta terdalam yang pernah dibuat, lengkap dengan cutscene anime yang dibuat oleh perusahaan animasi Jepang, Studio 4°C.

Berperan sebagai kucing Lucky the Calico, pengguna akan merayakan Olimpiade dengan serangkaian mini-game bertema olahraga dengan konsep 16-bit. Ada tujuh olahraga yang masing-masing berdasarkan cabang olahraga yang akan dimainkan di Olimpiade Tokyo, yaitu tenis meja, panahan, skateboard, panjat tebing, rugby, renang artistik, dan marathon.

Seniman Jepang Membayangkan Kembali Negara-negara Sebagai Samurai Anime

Foto: World Flags Project

Sekelompok seniman Jepang berharap untuk membantu orang-orang merangkul semangat Olimpiade dan budaya Jepang, dengan membayangkan kembali bendera negara-negara yang akan bersaing dalam Olimpiade Tokyo 2020 sebagai karakter samurai.

“Samurai unik di Jepang dan kami ingin semua orang mengenal budaya tradisional Jepang,” kata kreator Kamaya Yamamoto.

Dia memulainya dengan meneliti makna serta sejarah bendera suatu negara. Misalnya, bendera Meksiko dengan menampilkan seekor elang yang bertengger di atas kaktus yang sedang memakan seekor ular, Kamaya Yamamoto memadukan unsur-unsur ini untuk menciptakan seorang samurai dengan lambang ular dengan elang sebagai pendampingnya.

Kreator “One Piece” dan “Sailor Moon” Rilis Ilustrasi Baru untuk Program Guide Olimpiade Tokyo

Foto: Kadokawa, Naoko Takeuchi

Kadokawa meluncurkan Program Guide Olimpiade Tokyo 2020 resmi dengan ilustrasi yang akan dibuat oleh orang-orang dari pencipta “One Piece” Eiichiro Oda, pencipta “Sailor Moon” Naoko Takeuchi, kemudian Hajime Isayama dari “Attack on Titan”, hingga “Mobile Suit Gundam The Origin” desainer serta sutradara Yoshikazu Yasuhiko.

Setiap seniman manga tersebut membuat ilustrasi original yang menggambarkan salah satu olahraga yang akan ditampilkan di Olimpiade tahun ini. Naoko Takeuchi misalnya ia membuat ilustrasi yang menggambarkan skateboarding, yang merupakan salah satu dari lima cabang olahraga baru yang ditambahkan ke Olimpiade Tokyo 2020.