Instagram Minta Maaf Setelah Sensor Poster Film Pedro Almodóvar

Film
17.08.21

Instagram Minta Maaf Setelah Sensor Poster Film Pedro Almodóvar

Tidak jadi disensor karena dianggap punya konteks artistik yang jelas.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Deandra Aurellia
Photo: Joel Ryan/Invision

Instagram merilis permintaan maaf setelah mensensor poster film baru Pedro Almodóvar, Parallel Mothers (Madres Paralelas). Poster tersebut disensor Instagram karena menggambarkan payudara yang mengeluarkan ASI, namun post tersebut telah dikembalikan seperti semula karena konteks artistik yang sudah jelas.

Parallel Mothers adalah karya terbaru dari hasil kolaborasi panjang Pedro dan Penelope Cruz, yang menceritakan tentang kehidupan dua wanita yang berkenalan di rumah sakit selagi mempersiapkan persalinan. Film tersebut akan dirilis perdana di Venice Film Festival pada 1 September.

Facebook, parent company dari Instagram, menulis bahwa beberapa variasi dari poster film tersebut sempat disensor karena melanggar aturan tentang nudity setelah pertama kali diunggah pada hari Senin.

“Namun, kami memberikan beberapa pengecualian untuk konten nudity, termasuk saat adanya konteks artistik yang jelas. Maka dari itu kami telah mengembalikan poster film milik Pedro kembali ke Instagram, dan kami minta maaf atas ketidakjelasannya,” ungkap mereka di statement tersebut.

Javier Jaen, selaku desainer poster tersebut, menyampaikan rasa terimakasihnya atas kegigihan Pedro dan para fans untuk menolak kebijakan Instagram tersebut. Javier juga merasa Instagram semestinya malu akan kebijakan sensor mereka tersebut.

Ini bukan kali pertama Instagram menyalahgunakan kebijakan sensor mereka tersebut. Tahun lalu, Instagram dituduh diskriminatif karena mensensor foto model plus-size Nyome Nicholas-Williams karena dianggap menyerupai pornografi. Setelah menerima kecaman dan petisi yang ditandatangani 17,000 orang, kebijakan tersebut pun mereka angkat.whiteboardjournal, logo