Adobe Menghadirkan Photoshop dan Illustrator yang Disederhanakan ke Web

Design
31.10.21

Adobe Menghadirkan Photoshop dan Illustrator yang Disederhanakan ke Web

Membiarkan pengguna berbagi dokumen di browser dan memungkinkan kolaborator untuk memberikan umpan balik tanpa mengunduh aplikasi.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Nada Salsabila
Foto: Adobe

Versi web terbatas dari aplikasi Adobe Photoshop dan Illustrator baru-baru ini diumumkan pada acara Adobe MAX 2021. Adobe telah mengumumkan bahwa mereka telah mengambil “langkah maju yang besar untuk kolaborasi” dengan menghadirkan aplikasi Photoshop dan Illustrator ke web. 

Fungsinya bukan untuk membiarkan pengguna melakukan pekerjaan kompleks dari halaman web, namun membiarkan pengguna berbagi dokumen di browser, memungkinkan kolaborator untuk memberikan umpan balik tanpa mengunduh aplikasi atau berlangganan Creative Cloud Adobe. Walaupun tugas-tugas kompleks masih perlu dilakukan pada aplikasinya, versi browser akan memungkinkan pengeditan dasar seperti memotong, memilih, koreksi warna, dan menyisipkan teks. 

Pembaruan tidak mengharuskan sisi pembuat untuk harus membuat beberapa versi draf PDF/JPG untuk diserahkan kepada klien dan kolaborator, serta sisi klien yang sekarang dapat dengan mudah mengakses gambar untuk memberi umpan balik dengan cepat di mana revisi juga dapat dilihat langsung pada tampilan browser.

Mengambil catatan dari Microsoft Teams, Klaxoon dan aplikasi serupa, Adobe juga sedang mempersiapkan pembaruan kolaboratif lainnya yang saat ini sedang diuji. Pembaruan itu termasuk Creative Cloud Canvas yang pada dasarnya adalah papan tulis virtual, dan juga Creative Cloud Spaces yang memungkinkan tim kreatif untuk membawa “konten, konteks, dan orang bersama-sama ke satu tempat,” atau dalam kata lain membawa file grup, perpustakaan, dan tautan di lokasi terpusat.

Versi terbaru Photoshop dan Illustrator untuk web saat ini masih dalam versi beta dan tersedia untuk uji coba pada link berikut.whiteboardjournal, logo