Fitur Leave This Conversation Tengah Diuji Coba Twitter, Berikan Kontrol Lebih untuk Para Pengguna

Media
23.02.22

Fitur Leave This Conversation Tengah Diuji Coba Twitter, Berikan Kontrol Lebih untuk Para Pengguna

Twitter terindikasi tengah menguji coba fitur yang memungkinkan para pengguna untuk keluar dari rangkaian percakapan atau thread.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Hafiza Dina
Foto: Jane Manchun Wong

Salah satu fitur Twitter yang, mungkin, paling banyak disyukuri oleh para penggunanya adalah pilihan untuk mengatur siapa saja akun yang dapat membalas tweet yang dibuat. Untuk melengkapi fitur tersebut, Twitter tampaknya tengah melakukan uji coba untuk satu fitur yang tidak kalah cermatnya: pilihan untuk meninggalkan runutan percakapan, atau yang biasa dikenal dengan sebutan ‘utas’ alias thread

Fitur ini ‘dibocorkan’ oleh Jane Manchun Wong, seorang penulis dan peneliti yang juga merupakan pengguna Twitter. Menampilkan tulisan “let’s get you out of this conversation” pada bagian paling atas, fitur ini memungkinkan para pengguna untuk meng-untag dirinya dari rangkaian percakapan di Twitter. Dengan begitu, pengguna yang menggunakan fitur ini tidak akan lagi di-mention dan mendapatkan notifikasi dari percakapan yang mereka tinggalkan.

Meski mirip─sama-sama memungkinkan para pengguna untuk tidak lagi mendapatkan notifikasi dari suatu percakapan, fitur ini berbeda dari fitur mute this conversation: username sang pengguna yang tercantum di rangkaian percakapan tidak lagi dapat diklik dan terkoneksi ke profil Twitternya. Dengan begitu, sang pengguna akan terlihat tidak tertarik untuk berpartisipasi dan tidak akan dibawa lebih jauh ke dalam percakapan tersebut.

Namun, kebenaran fitur ini masih belum dikonfirmasi oleh Twitter. Sejauh ini, Twitter memang sudah perlahan-lahan mengeluarkan fitur yang memungkinkan para penggunanya untuk mengontrol interaksi dengan satu sama lain, seperti opsi untuk menghapus seseorang dari daftar followers, juga membatasi balasan dan pemberitahuan saat akun ‘besar’ me-retweet tweet-nya. whiteboardjournal, logo