Menelusuri Dunia Boyband lewat Superfans, Gia Coppola akan Rilis Film Dokumenter “Superfans: Screaming. Crying. Throwing Up.”

Film
03.06.22

Menelusuri Dunia Boyband lewat Superfans, Gia Coppola akan Rilis Film Dokumenter “Superfans: Screaming. Crying. Throwing Up.”

“Superfans: Screaming. Crying. Throwing Up.” akan menelusuri perjalanan menjadi diehard super fans dari BTS, One Direction, dan Backstreet Boys.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Jesslyn Sukamto
Foto: AFP/Alberto Pizzoli

Gia Coppola, sutradara indie dari film “Palo Alto” (2013) dan “Mainstream” (2020), akan menyutradarai sebuah film dokumenter berjudul “Superfans: Screaming. Crying. Throwing Up.” tentang kisah perjalanan menjadi sebuah penggemar diehard dari boy band seperti BTS, One Direction, dan Backstreet Boys.

Film “Superfans”, yang merupakan film dokumenter pertama Coppola, saat ini sedang dalam produksi dan didasarkan pada sebuah buku berjudul “Larger Than Life: A History of Boy Bands from NKOTB to BTS” oleh jurnalis dan fangirl seumur hidup, Maria Sherman.

Film ini mengeksplorasi obsesi dan pengabdian sebuah penggemar yang mengubah boy band menjadi franchise yang mendominasi fenomena budaya pop. Film ini juga menyelam lebih jauh ke dalam pengalaman, gerakan, dan market para fangirl tahun 80-an, 90-an, dan 2000-an, dan mengakui pentingnya dan kekuatan superfan.

Lebih khususnya, dokumenter itu juga akan terjun lebih dalam bagaimana basis penggemar 1D atau BTS ‘Army’ secara kolektif berkumpul untuk mendukung gerakan LGBTQIA+ atau “Black Lives Matter” dan membuat dampak nyata pada budaya berkat semangat mereka.

“Saya seorang fangirl pop yang bangga, jadi kesempatan untuk menerjemahkan buku Maria yang kontemporer, tajam, dan menyenangkan ke dalam format dokumenter sangatlah menarik,” ujar Coppola.

“Superfans: Screaming. Crying. Throwing Up.” bakal diproduksi oleh Kathryn Everett, Kathleen Flood dan Justin Lacob dari XTR, dan Jason Bateman, Michael Costigan, dan Emma Ho dari Aggregate Films. Sherman juga akan menjadi produser eksekutif.

“Superfans” bukan pertama kalinya karya Coppola yang melibatkan dunia musik. Sebelum membuat dua film layar lebarnya, ia menyutradarai beberapa video musik: “Applaud” milik Yves Tumor, “You’re Not Good Enough” dari Blood Orange, dan “Cut to the Feeling” dan “Your Type” karya Carly Rae Jepsen.

Sampai sekarang belum ada tanggal rilis untuk film tersebut, untuk sementara ini Anda bisa memesan buku Maria Sherman berjudul “Larger Than Life” di sini.whiteboardjournal, logo