Apple Rilis Seri iPad Pro Terbaru dengan Chip M2 

Media
20.10.22

Apple Rilis Seri iPad Pro Terbaru dengan Chip M2 

Sebulan setelah iPhone 14, Apple kini merilis tablet teranyarnya. 

by Whiteboard Journal

 

Teks: Ahmad Baihaqi
Foto: Apple

Apple telah mengkonfirmasi update dari tablet flagship teranyarnya, iPad Pro, yang telah di-upgrade menggunakan processor terbaiknya, yakni M2 Chip. iPad Pro M2 juga akan dirilis menggunakan versi iPadOS 16.

M2 Chip sebelumnya telah diumumkan dalam gelaran Apple Summer Event pada Juni lalu, chip teranyar tersebut digunakan pertama kali pada device Macbook Air 2022 dan Macbook Pro. Setelah perilisan tersebut, banyak rumor beredar bahwa iPad Pro akan menjadi device selanjutnya yang juga menggunakan M2 chip. 

Tak ada upgrade terbaru pada bagian tampilan iPad Pro M2 dan versi M1. M2 Chip hadir bersama dengan CPU 8-core dan GPU 10-core yang masing-masing memberikan peningkatan hingga 15 dan 35 persen pada bagian kinerja dan grafis. Penggunaan chip ini juga memberikan peningkatan pada Neural Processing Unit (NPU) atau yang biasa dikenal Apple sebagai iPad Neural Engine, bagian yang bertanggung jawab atas operasi artificial intelligence pada device yang meningkat sebanyak 40% untuk total 16 cores

iPad Pro M2 dibuat untuk memenuhi kebutuhan kerja profesional, video editor misalnya, nantinya iPad Pro M2 akan dibekali media engine dengan kemampuan menyandikan dan mendekode 3 kali lebih cepat dibandingkan beberapa laptop tradisional milik para pesaing. Selain itu, iPad Pro versi terbaru ini dibekali dengan hadirnya microphone berkualitas studio, yang memungkinkan video ProRes ditangkap langsung di perangkat, dan diatur untuk merekam suara pada kualitas Dolby Atmos.

Terdapat perbedaan kualitas layar pada dua versi iPad Pro M2, untuk versi 12.9 inch nantinya akan menampilkan layar Liquid Retina XDR dengan rasio kontras 1.000.000:1 dan kecerahan layar penuh 1000 nits. Sementara, versi 11 inch memiliki pada bagian kecerahan, yang mana hanya memiliki puncak kecerahan 600 nits namuni, dengan kecepatan refresh 120Hz adaptif, kedua model tetap menjanjikan pengalaman menonton premium.

Upgrade selanjutnya terletak pada bagian konektivitas nirkabel. Kedua iPad Pro M2 didukung dengan standar konektivitas terbaru sekaligus tercepat, termasuk Wi-Fi 6E, yang dapat mengirimkan unduhan secepat 2,4Gb/dtk, dua kali lipat lebih cepat dari M1 2021. Untuk seluler, nantinya juga akan dilengkapi konektivitas 5G untuk mendukung kecepatan berselancar di Internet.

Setelah, selama bulan September Apple dibuat sibuk dengan perilisan iPhone 14, pada 26 Oktober mendatang, Apple akan merilis iPad Pro M2 dengan harga mulai USD 799 dan naik menjadi USD 2,399 untuk versi 12,9 inci. whiteboardjournal, logo