Museum MACAN Gelar Pameran Karya Chiharu Shiota: The Soul Trembles, Tampilkan Instalasi Mengagumkan

Art
25.10.22

Museum MACAN Gelar Pameran Karya Chiharu Shiota: The Soul Trembles, Tampilkan Instalasi Mengagumkan

Jadi satu-satunya lokasi di Asia Tenggara, Museum MACAN gelar pameran perdana Chiharu Shiota di Indonesia. Menghadirkan karya sang perupa asal Jepang selama karirnya sejak tahun 1990-an.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Ahmad Baihaqi
Foto: Mori Art Museum

Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN) menggelar pameran tunggal pertama Chiharu Shiota di Indonesia. Menghadirkan karya berjudul The Soul Trembles, pameran ini akan dibuka untuk publik mulai 26 November 2022 hingga 30 April 2023.

Sebelumnya, Chiharu Shiota telah mengadakan tur pamerannya ke beberapa negara bersama Mori Art Museum, sebuah museum seni asal Tokyo, Jepang. Dalam turnya, Shiota bersama Mori Art Museum berkeliling ke beberapa negara, yakni Busan Museum of Art (Korea Selatan), Taipei Fine Arts Museum (Taiwan), Long Museum (Shanghai, Tiongkok), Queensland Art Gallery | Gallery of Modern Art (Brisbane, Australia), dan berakhir di Indonesia, di mana Museum MACAN menjadi satu-satunya lokasi di Asia Tenggara.

Dikurasi oleh Mami Kataoka, Direktur Mori Art Museum pameran The Soul Trembles akan menampilkan ratusan karya milik Shiota selama ia berkesenian sebagai perupa sejak 1990-an, menggabungkan instalasi berskala besar, patung, video performance, fotografi, dan desain panggung. 

The Soul Trembles menampilkan karya yang berangkat dari pengalaman personal sang perupa yang mendalam. Mengeksplorasi gagasan identitas sosial dan budaya seperti etnisitas, kewarganegaraan, dan agama, serta tema-tema universal; dinding, jendela, batas-batas, kekosongan dan eksistensi. Karya Chiharu Shiota memberikan bentuk pada kesadaran manusia dan pengalaman yang bersifat non-fisik seperti ingatan, pemikiran, ketakutan, mimpi, dan keheningan.

Dikenal melalui instalasi megah yang terbuat dari benang berwarna merah dan hitam yang membentang ke segala penjuru ruangan, pengunjung akan menjumpai objek-objek metaforis dan sugestif seperti tempat tidur, di mana sang perupa menghadirkan celah yang sempit antara mimpi dan realita, kehidupan dan kematian; pakaian, yang bersifat dangkal dan hanya berfungsi untuk melapisi kulit; serta koper dan perahu yang menjadi simbol pergerakan dan ketidakpastian.

Selama pameran Chiharu Shiota: The Soul Trembles, museum akan menghadirkan area khusus bagi pengunjung untuk berefleksi, bermain, dan mengambil bagian di dalam sebuah ruangan yang di dalamnya akan dipajang beragam benda serta kisah di baliknya. Berjudul Mini Museum of Memories, area ini merespons salah satu karya sang perupa, Connecting Small Memories (2019), dan akan menempati Ruang Seni Anak.

Tiket pre-sale pameran saat ini sudah tersedia di laman resmi Museum MACAN dan beberapa partner penjualan tiket, seperti GoTix, Klook, Tiket.com, dan Traveloka.

Selain pameran, pengunjung juga bisa membeli produk eksklusif untuk pameran Chiharu Shiota: The Soul Trembles melalui toko Shop at MACAN, atau membeli secara online melalui laman dan Tokopedia resmi milik Museum MACAN.whiteboardjournal, logo