Good Fences Make Good Neighbours

03.09.17

Good Fences Make Good Neighbours

by Febrina Anindita

 

Teks: Bintang Adinugroho
Foto: Hypebeast

Seniman Ai Weiwei sudah tidak asing dengan masalah-masalah perbatasan dan imigran. Dari projek-projek aktivismenya saat ia membela para imigran Suriah dengan membuat hiasan Lotus dari pelampung di Vienna, hingga pengalaman pribadi dia sendiri saat ditahan dan diawasi oleh pemerintah Cina. Sekarang, Weiwei berencana untuk mengangkat masalah imigrasi Amerika Serikat-Meksiko dan tembok yang sedang di bangun Donald Trump. Sang seniman merencanakan sebuah proyek yang megah, dan kali ini lokasinya adalah satu kota New York.

Dalam proyek yang bernama “Good Fences Make Good Neighbours”, Ai Weiwei berencana akan membuat karya seni yang terinspirasi dari pagar perbatasan, kandang, serta jeruji penjara. Karya seni tersebut direncanakan dibangun di daerah-daerah pusat seperti Central Park, Washington Square Park dan monumen Unisphere dengan ukuran yang menarik perhatian. Selain itu, di sepanjang jalan akan dipasang juga karya seni 2D dan 3D yang ikut serta menyebar kesadaran masyarakat tentang masalah perbatasan tersebut. Salah satu karya seni yang ia rencanakan adalah sebuah seni ukir raksasa dengan inspirasi pagar perbatasan yang akan diletakkan di tengah-tengah monumen di Washington Square Park.

Pameran seni dengan skala sebesar ini sayangnya membutuhkan pendanaan yang banyak dan juga stabil. Maka dari itu Ai Weiwei bekerja sama dengan Public Art Fund dalam membuat sebuah akun penggalangan dana di Kickstarter.com. Dengan target 80.000 USD, kedua pihak berharap target ini sudah dicapai sebelum tanggal 21 September ini. Jika tidak, Weiwei dan Public Art Fund tidak akan melanjutkan proyek ini.whiteboardjournal, logo