Api dan Es dari Maggie Payne

01.09.17

Api dan Es dari Maggie Payne

by Febrina Anindita

 

Teks: Bintang Adinugroho
Foto: East Bay Express

Maggie Payne, artis video, teknisi suara, serta salah satu direktur Centre of Contemporary Music di Mills College, sudah terkenal akan eksperimen-eksperimen nya terhadap audio visual. Payne biasa membagikan karya-karya istimewanya di akun Vimeo-nya, di mana dia mengekspos segala eksperimennya dengan mikrosokop dan kristal untuk menemani komposisi audio.

Salah satu karya yang menarik berjudul “System Test (fire and ice)”, sebuah video electroacoustic yang ia tunjukkan di Jerman. Payne mempresentasikan 4 penari dalam kostum yang diberi lampu neon bergerak mengikuti audio noise yang dramatis di dalam latar yang gelap. Audio yang dramatis ini ia buat dari gabungan suara mainan Jacob’s ladders, es meleleh, serta kertas yang digesek-gesekan untuk menunjukkan karakteristik mainan Jacob’s Ladder yang dinamis.

Audio serta visualnya memberikan kesan yang selalu intens. Noise yang sudah diproses dan edit dipadukan dengan koreografi gemulai lampu warna-warni seperti membawakan sebuah cerita yang dramatis, di mana bahaya mengitari setiap sudut dari visual yang ditonton. Selain adanya noise yang dikomposisikan Payne, keajaiban video ini juga terletak di saat ketiadaan audio tersebut. Setiap kali audio mati video ini terasa lebih mencekam, karena penonton tidak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya.whiteboardjournal, logo