Quick Review: Body Beautiful

21.08.17

Quick Review: Body Beautiful

by Febrina Anindita

 

Teks: Fransisca Bianca
Foto: http://fantoche.ch/

Mungkin berbagai film atau bahasan mengenai mencintai tubuh masing-masing orang, khususnya perempuan, sudah tidak jarang lagi. Namun, pada kenyataannya film pendek animasi bertajuk “Body Beautiful” ini tetap dapat mengilhami dengan cara dan sudut pandang humoris yang tetap menjadi menarik untuk disimak. Tidak perlu meluangkan waktu lama untuk menyaksikan keseluruhan kisah tentang perempuan yang seringkali diolok oleh sekitarnya karena ukuran tubuhnya ini, tepatnya kurang dari 15 menit saja.

Meski perlu diberikan apresiasi lebih atas usahanya menjadikan hiburan singkat ini sehumoris dan sekomedik mungkin, namun jalan cerita yang disuguhkan memang tidak jauh dari kisah body positive yang klise. Dengan dialog yang cenderung cukup sulit untuk bisa terdengar jelas, namun dibarengi dengan animasi yang unik dan kocak. Nothing is new under the sun, begitu pepatah mengatakan. Dan memang, tidak ada yang begitu baru atau berbeda dari santapan sinematis ringan satu ini. Mungkin, fakta bahwa tahun rilisnya ialah lebih dari 20 tahun yang lalu di mana sudut pendekatan topik soal penampilan masih begitu terbatas. Meski demikian, bukan berarti relevansi pesan yang dikandungnya menghilang sedikit pun termakan waktu.

Quick Review Body Beautiful: 3.5/5

Body Beautiful (1991)
Sutradara: Joanna Quinn
Sinopsis: Seorang perempuan yang berbadan gemuk mengalami tekanan sosial dari teman-temannya untuk ikut kontes kecantikan, namun akhirnya ia berhasil mencari cara baru untuk mencintai tubuhnya sendiri.whiteboardjournal, logo