Sans Forgetica, Font Baru yang Meningkatkan Daya Ingat Pembaca

Design
07.10.18

Sans Forgetica, Font Baru yang Meningkatkan Daya Ingat Pembaca

Typeface yang berguna untuk para pelajar yang mudah lupa.

by Ghina Sabrina

 

Foto: RMIT Australia

Sejak berada di bangku sekolah hingga dewasa, orang-orang pastinya telah mencoba beberapa cara untuk meningkatkan daya ingat. Mulai dari suplemen obat hingga game asah otak yang konon dapat membantu meningkatkan daya ingat otak, setiap orang tentunya memiliki cara sendiri untuk menghadapinya. Sekarang, ada tambahan baru yang mungkin dapat membantu orang banyak perihal hal tersebut yakni dalam bentuk typeface.

Sekolah desain dan behavioural business lab dari Universitas RMIT di Melbourne baru saja mengumumkan temuan baru berupa typeface yang diakui dapat membantu orang mengingat lebih banyak dari apa yang dibaca. Alasan di balik temuan tersebut adalah untuk membantu para murid menghafal topik-topik yang dipelajari selama musim ujian.

Tersedia secara gratis di sits RMIT, typeface Sans Forgetica menggabungkan teori psikologi dan prinsip desain untuk menambah kemampuan hafalan. Menurut mereka, typeface tersebut dikembangkan atas dasar prinsip pembelajaran bernama “desirable difficulty” yang menambahkan rintangan ke dalam proses belajar yang mengharuskan pengguna untuk menggunakan usaha yang lebih. Melalui hal ini, prinsip tersebut akan menghasilkan retensi memori yang lebih baik untuk mendorong proses kognitif yang lebih dalam.

Melihat bentuk huruf-huruf yang ada dalam Sans Forgetica, typeface ini mungkin kurang nyaman untuk dipakai untuk membaca sehari-hari. Namun, tampaknya typeface ini akan sangat berguna untuk para pelajar yang mudah lupa. whiteboardjournal, logo