Balenciaga Menggunakan Tema Politik Sebagai Iklan Spring/Summer 2020

Fashion
25.02.20

Balenciaga Menggunakan Tema Politik Sebagai Iklan Spring/Summer 2020

Balenciaga hadirkan iklan yang terinspirasi oleh keadaan politik global, melalui model yang mirip politikus Bernie Sanders hingga slogan ala kampanye politik.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Yohana Belinda
Foto: Balenciaga’s YouTube

Balenciaga baru saja mengunggah iklan untuk koleksi Spring/Summer 2020 dengan tema politik pada akun YouTube mereka. Iklan ini mencangkup berbagai isu seperti pemanasan global, keadaan politik internasional hingga pemilihan presiden Amerika mendatang. Hal ini merupakan ide dari Demna Gvasalia yang merupakan Creative Director dari Balenciaga, dirinya baru saja meninggalkan fashion house Vetements pada September 2019 lalu. 

Iklan Balenciaga yang berdurasi 4 menit 5 detik ini menampilkan berita yang dikemas secara futuristik dan pembawa berita yang menyerupai deep fake. Pembawa berita dalam iklan ini mengenakan koleksi terbaru Balenciaga Spring/Summer 2020, mulai dari pakaian formal seperti jas dan dress hingga aksesoris dalam bentuk kacamata, tas dan sepatu. Berita dalam iklan yang disutradarai oleh Will Benedict ini juga mengusung headline tema apocalyptic seperti “planets realign”, “the end of traffic jam” dan “where is the water going?”. 

Sebelumnya, Balenciaga telah menggunakan tema politik dalam pergelaran Spring/Summer 2020 pada September 2019 lalu dengan panggung busana berwarna warna biru yang menyerupai warna bendera Perserikatan Bangsa-Bangsadan Uni Eropa. Selain panggung, beberapa model juga menggunakan makeup prosthetic  hingga menyerupai salah satu politikus Amerika, Bernie Sanders, yang saat ini melakukan kampanye untuk pemilihan presiden Amerika tahun 2020. 

Tema politik yang diangkat oleh Balenciaga ini juga muncul pada print ad yang dirilis awal Februari 2020. Balenciaga bekerja sama dengan fotografer Laurence Chaperon yang kerap mengabadikan foto beberapa politikus dunia seperti seperti Kanselir Jerman, Angela Merkel, dan mantan Menteri Dalam Negeri dan Menteri Pertahanan, Thomas De Maizière. Balenciaga juga menggunakan slogan politico-esque, seperti  “We Vote For Tomorrow,” “Love Is For Everyone,” “Power Of Dreams” dan “Think Big” untuk mengkritik keadaan politik saat ini. 

Saat ini, koleksi terbaru Balenciaga telah dapat dibeli melalui toko fisik dan situsnya. whiteboardjournal, logo