Decentraland Hadirkan Immersive Virtual Experience dalam Metaverse Fashion Week Pertama

Fashion
25.03.22

Decentraland Hadirkan Immersive Virtual Experience dalam Metaverse Fashion Week Pertama

Decentraland undang pecinta fashion ke Metaverse Fashion Week pertama, brand-brand besar seperti Gucci, Balenciaga dan masih banyak lagi hadir dengan ragam koleksi digital.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Inaya Pananto
Foto: @republique_clothing (Instagram)

Setelah rentetan fashion week di ibu kota fashion dunia mulai dari New York hingga Paris rampung, kini saatnya fashion memasuki runway di metaverse. Tren digital fashion dan metaverse terus melunjak terutama dengan pandemi Covid-19 yang hadir dengan tantangannya sendiri. Tantangan itu kemudian terjawab dengan berbagai inovasi dunia virtual dan kini saatnya fashion.

Ajang Metaverse Fashion Week (MVFW) perdana akan digelar bulan depan dan antisipasi dunia fashion terhadap gebrakan teknologi virtual ini begitu meroket. Semua pengalaman otentik khas fashion week mulai dari tamu-tamu front row VIP, pesta penutupan, hingga pakaian-pakaian high fashion semua di ujung jemari ada di dunia metaverse.

Gucci Garden Experience di Roblox (Foto: Roblox)

Mengikuti koleksi NFT Dolce&Gabbana di tahun 2021 kemarin dan koleksi-koleksi virtual rilisan Gucci dan Balenciaga, salah satu platform metaverse terbesar yaitu Decentraland mengisyaratkan akan hadirnya banyak brand-brand ternama dalam ajang digital berskala besar ini.

Decentraland mengajak semua fashion enthusiasts mulai dari desainer baru, brand hingga pemerhati fashion untuk ikut terlibat dalam pengalaman virtual ini pada tanggal 24-27 Maret 2022. Decentraland menjanjikan pengalaman langsung menghadiri ajang-ajang fashion bergengsi mulai dari Paris, Milan, London, hingga New York dalam 3D virtual platform yang mereka bangun bersama partner penyelenggara, Tokens.com.

Acara yang akan berlangsung selama empat hari ini akan diisi dengan berbagai acara runway, ruang showcase, toko pop-up, pesta penutupan, dan masih banyak lagi. Avatar-avatar virtual yang dapat secara personal didandani dalam simulasi 3D dapat menikmati pengalaman virtual ini sambil berbelanja barang-barang sungguhan melalui sarana digital.

Metaverse fashion show (Foto: Jonathan Simkah)

Andrew Kiguel selaku CEO dari Tokens.com mengatakan bahwa MVFW ini akan memberikan “pengalaman imersif untuk para penggunanya.” Ia juga menekankan bagaimana gerakan teknologi metaverse ini akan menjadi gebrakan dunia modern yang akan memiliki pengaruh besar dalam hampir semua aspek dunia entertainment seperti media sosial, gaming dan fashion.

Walaupun daftar partisipan desainer yang ikut memeriahkan MVFW ini belum secara resmi dirilis, diperkirakan brand-brand besar seperti Gucci, Balenciaga, Ralph Lauren, dan Burberry yang sudah sebelumnya bereksplorasi dalam dunia metaverse akan turut mengambil bagian dalam acara ini.

Menurut laporan baru dari Bloomberg, acara metaverse ini dapat menghasilkan hampir keuntungan penuh bagi brand-brand fashion karena tidak perlunya ada biaya untuk material dan biaya tenaga kerja yang lebih minimal. Karena itu acara ini akan menjadi kesempatan yang dinilai menarik di mata banyak brand.whiteboardjournal, logo