Setelah Inter Milan, Bureau Borsche Hadirkan Identitas Visual Baru untuk Venezia FC

Fashion
06.07.22

Setelah Inter Milan, Bureau Borsche Hadirkan Identitas Visual Baru untuk Venezia FC

Kolaborasi studio desain ternama dengan “klub sepakbola ter-fashionale sedunia” menghasilkan jersey sepakbola dengan nuansa streetwear.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Setto Lintang
Foto: Venezia FC

Di samping aspek olahraganya, klub sepakbola asal Venesia, Italia, Venezia FC memiliki nama yang cukup harum di dunia fashion. Pada 2021, majalah GQ menjuluki klub tersebut sebagai “klub bola ter-fashionable sedunia”. Selain itu, BBC pun turut meliput sisi style dan fashion dari Venezia FC menjadi sebuah mini dokumenter. Dengan rekam jejak yang sedemikian rupa, tidak mengherankan jika klub mantan Serie B tersebut kian mendongkrak branding-nya melalui kerja sama dengan studio desain ternama asal Jerman, Bureau Borsche.

Ini bukan pertama kalinya Bureau Borsche bekerja sama dengan klien dari Venesia. Sebelumnya, studio desain yang dibentuk oleh Mirko Borsche tersebut bertanggung jawab atas identitas visual Venice Pavilion dalam perhelatan La Biennale di Venezia pada 2019 dan bahkan Venezia FC sendiri dengan mendesain situs webnya pada 2021. Bureau Borsche juga memiliki portfolio yang cukup berwarna, mulai dari kerja samanya dengan majalah fashion The Face, fashion brand Balenciaga, hingga klub sepak bola Inter Milan.

Nampaknya, budaya Venesia menjadi titik berpijak bagi Bureau Borsche untuk melakukan rebrand Venezia FC. Hal tersebut dapat dilihat dari figur Lion of Saint Mark—simbol singa bersayap dari kota Venesia—yang ditetapkan menjadi pusat dari identitas Venezia FC. Di samping itu, studio desain asal München tersebut juga menambahkan sentuhan historis terhadap emblem singa tersebut, “garis-garis horizontal yang mewakilkan kedua sayap singa turut merujuk kepada haluan dari perahu gondola khas Venesia yang memiliki bilah logam yang unik,” tutur Venezia FC melalui rilis persnya.

Kendati kental dengan nuansa kultural, Bureau Borsche turut memberikan sentuhan modern dalam desainnya. Seperti emblem singa yang diubah menjadi bentuk huruf “V” yang minimalis—merepresentasikan inisial dari Venezia FC. Bureau Borsche juga menggunakan warna khas oranye dan hijau milik Venezia FC dalam desain-desainnya, kecuali dengan penggunaan warna emas di emblem klub yang merujuk kepada warna orisinal dari emblem klub  sepakbola Venesia tersebut. 

Bersamaan dengan perubahan identitas visualnya, Venezia FC juga meluncurkan satu set kaus pre-match untuk musim 2022/2023. Dengan warna klasik oranye, hitam, hijau, dan emas, kaus tersebut dapat dipesan di situs web resmi Venezia FC.whiteboardjournal, logo