Bukan Brad Pitt, Komeng dan Fluxcup Justru Curi Perhatian Publik Lewat Sulihan Trailer “Bullet Train”

Film
12.08.22

Bukan Brad Pitt, Komeng dan Fluxcup Justru Curi Perhatian Publik Lewat Sulihan Trailer “Bullet Train”

Maksimal mempromosikan film teranyar Brad Pitt “Bullet Train”, Sony Pictures Indonesia gaet komedian Komeng dan seniman Fluxcup untuk menyulih suara trailer dari film laga-komedi tersebut.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Ghina Prameswari
Foto: Sony Pictures Indonesia

Sudah tayang di bioskop Indonesia sejak 10 Agustus lalu, “Bullet Train” terima ulasan beragam dari kritik. Beberapa menyebutnya sebagai tipikal film laga-komedi Hollywood yang bisa dinikmati tanpa banyak berpikir, sementara media lain mengkritik film ini atas buruknya penulisan skrip, adegan berkelahi yang kurang substansial, serta minimnya representasi Asia–menilai film ini diadaptasi dari novel dengan judul sama karya Kotaro Isaka.

Terlepas dari ulasan yang diterima, satu hal yang perlu disoroti dari penayangan film ini ialah upaya promosi unik dari Sony Pictures Indonesia. Lewat pendekatan yang tak biasa, Sony Pictures Indonesia berupaya meningkatkan animo publik untuk menyaksikan film ini di layar lebar. Salah satu langkah promosi itu adalah dengan menggaet komedian Komeng dan Fluxcup untuk menyulih suara dari trailer “Bullet Train”.Sementara Fluxcup telah lebih dulu dikenal lewat projek sulihannya–sulihan adegan Joker dan Batman dalam The Dark Knight Rises jadi salah satu karya sulihan Fluxcup yang paling terkenal dengan jumlah views lebih dari 1 juta di kanal YouTubenya–trailer “Bullet Train” menjadi projek sulihan pertama bagi Komeng.

Meski begitu, lewat celetukan khas juga ketangkasannya dalam membuat lelucon, kolaborasi Komeng dan Fluxcup terima banyak respon positif netizen. Beberapa bahkan berkomentar menjadi tertarik untuk menyaksikan film ini karena menonton trailer tersebut.

Upaya promosi lain dari Sony Pictures Indonesia yang tak kalah menarik adalah bekerja sama dengan komunitas Dari Halte ke Halte untuk mengajak 16 orang terpilih melakukan misi keliling Jakarta. Misi-misi ini termasuk membuat bento box di Cipete, piknik di Senayan, sampai berfoto di Photo Booth Bullet Train di Sudirman. Selain itu, Sony Pictures Indonesia juga turut berkolaborasi dengan beberapa ilustrator ternama seperti Tahilalats, Dalang Pelo, juga Mice Cartoon untuk mendesain tiket collectible yang bisa didapatkan secara terbatas.

Film “Bullet Train” sudah tayang di Indonesia sejak 10 Agustus 2022. Film ini dibintangi oleh Brad Pitt, Sandra Bullock, Joey King, dan banyak lagi.whiteboardjournal, logo