Pembelian Vinyl Meningkat, Bandcamp Produksi Vinyl Sendiri

Music
19.04.19

Pembelian Vinyl Meningkat, Bandcamp Produksi Vinyl Sendiri

Sebuah apresiasi terhadap para musisi dan juga penikmatnya.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Stefano William A.
Foto: Bandcamp

Distribusi musik saat ini menjadi begitu mudah untuk dilakukan bagi para penggiat industri. Berbagai platform streaming musik memberikan akses hampir tak terbatas pada konsumen untuk bisa menikmati karya musisi kesukaan atau memperluas khazanah musik. Salah satu pihak penting dalam hal tersebut adalah Bandcamp. Memberikan wadah untuk para musisi dan label independen, Bandcamp bisa dikatakan sebagai tempat terbaik bagi para penikmat musik mengeksplor skena indie. Di samping itu platform ini memang memiliki tujuan agar supaya para musisi dan label dapat menghasilkan uang dari karyanya, baik lewat musik hingga penjualan merchandise.

Melihat peningkatan yang sangat pesat dalam penjualan vinyl selama lima tahun terakhir, lewat situsnya pihak Bandcamp menyediakan layanan terbaru yakni pembuatan dan perilisan vinyl untuk musisi yang menggunakan platformnya sebagai media distribusi. Alasan lain di balik penyediaan layanan ini sebenarnya adalah masalah ekonomi sederhana di mana tingginya permintaan untuk format fisik dari sebuah album atau lagu tidak sesuai dengan pasokan yang tersedia. Masalah itu disebabkan oleh kesulitan dalam proses produksi vinyl sendiri. Pada layanan terbaru ini musisi diberikan kontrol secara penuh dalam mendesain hingga menentukan harga vinyl mereka. Namun, diperlukan syarat yaitu lagu atau albumnya harus melewati goal minimum yang ditetapkan pihak Bandcamp.

Dikabarkan bahwa seluruh proses mulai dari pembuatan keping vinyl, pencetakan kemasan, hingga pengiriman akan dikerjakan oleh Bandcamp. Sebagai rilisan perdana dari layanan ini, akan diluncurkan beberapa rekaman mulai dari karya Christian Scott aTunde Adjuah, Juliette Jade, Mesarthim, dan Jim Guthrie. Selain sebagai sebuah layanan, aksi seperti ini bisa dipandang sebagai dukungan dan apresiasi tidak hanya bagi musisi namun juga para penikmat dan penggemar.whiteboardjournal, logo