Children’s Art Space Commission oleh Entang Wiharso

08.10.17

Children’s Art Space Commission oleh Entang Wiharso

by Febrina Anindita

 

Teks: Bintang Adingroho
Foto: the display

Semenjak menggelar First Sight pada bulan Agustus kemarin, Museum MACAN (Modern and Contemporary Art in Nusantara) telah menarik perhatian publik lokal maupun internasional, setidaknya Asia. Dengan visi menjadi edukator seni kontemporer dan juga seni secara keseluruhan Museum MACAN memang sudah mempersiapkan beberapa program-progam menarik. Salah satunya adalah sebuah program yang lebih khusus ditujukan kepada anak-anak bernama Children’s Art Space Commission. Program ini akan dibuka bersamaan dengan pembukaan besar museum pada bulan November mendatang.

Children’s Art Space Commission sendiri adalah sebuah komisi yang akan dipimpin oleh Entang Wiharso, salah satu seniman kontemporer terbaik di Indonesia. Entang akan membuat beberapa instalasi yang terdiri dari mural, karya seni, dan aktivitas edukasi yang akan mengekspor konsep “floating gardens,” di mana darat dan udara adalah sebuah gagasan yang tergantung pada keunikan karya seni setiap artis. Program ini juga mempunyai aktivitas-aktivitas lain yang mempunyai tujuan memberi edukasi kesenian serta membuka kreativitas anak-anak.

Tetapi perjalanan Museum MACAN mungkin tidak semulus yang sudah mereka rencanakan, dan sayangnya ini bukan karena faktor eksternal. Semenjak awal kali muncul di media, museum ini membawa namanya sebagai calon pusat seni kontemporer Indonesia dengan standar internasional dan fasilitas paling memukau. Semua tentang museum ini terkesan mewah, dari gedungnya hingga karya-karya modern yang di tampilkan. Berbeda dengan mindset kebanyakan orang awam yang berpikir bahwa museum adalah tempat bersejarah dan seni adalah karya lukisan yang cantik. Sehingga ada sebuah pertanyaan menggelayut di kepala, apakah program edukasi kepada anak-anak yang direncanakan bisa dengan efektif diterima oleh masyarakat awam? Ataukah mungkin museum merencanakan program edukasi ini hanya kepada orang yang sudah paham seni? Nampaknya kita harus menunggu sejenak untuk melihat akan seperti apa program yang museum ini bawa di kemudian hari.whiteboardjournal, logo