Giphy Luncurkan Festival Film Khusus untuk Karya dengan Format GIF

Film
23.08.18

Giphy Luncurkan Festival Film Khusus untuk Karya dengan Format GIF

Festival ini akan berlangsung pada 8 November 2018, bertempatan di Metrograph Theater, New York.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Salsabila Ramadhani
Foto: Giphy

Perusahaan database penyedia gif asal Amerika, Giphy, akhir-akhir terlihat ambisius dalam melebarkan sayapnya dengan bekerja sama dengan berbagai macam platform dalam menyediakan format visual gif. Di samping itu, perusahaan ini juga terlihat memiliki strategi lain untuk membuat gif sebagai suatu hal yang masif di berbagai kalangan, yakni dengan membuat festival film. Atas dasar tersebut, Giphy pun mengumumkan akan bekerja sama dengan Squarespace untuk menggelar festival film pertama di dunia dengan format seragam, yakni gif berdurasi maksimal 18 detik.

Jess Gilliam, brand creative director dari Giphy, berpendapat bahwa gif merupakan salah satu format sederhana yang berguna untuk merepresentasikan emosi tertentu secara menarik dan efisien. Selain concise, format visual ini juga dapat menceritakan dan mempermudah khalayak untuk berkomunikasi dengan nyaman di era digital. Para animator dan seniman yang berasal dari Amerika sudah dapat menyerahkan karya mereka apabila ingin mengikuti festival ini sampai tanggal 27 September 2018.

Terdapat beberapa juri dari ranah industri kreatif yang akan berpartisipasi dalam pengkurasian karya pada festival ini, di antaranya adalah Alex Bodman, Rajendra Roy, Brooke Keesling, dan Mukundo Angulo. Giphy juga telah menentukan beberapa kategori yang dapat diikuti oleh para peserta, yakni Period Piece, Stop-Motion, Animated, Experimental, dan Narrative.

Gif yang menarik dan berkualitas pastinya akan membuat khalayak tergiur untuk menggunakannya dalam kehidupan bermedia sosial. Festival ini akan berlangsung pada 8 November 2018, bertempatan di Metrograph Theater, New York. Acara ini nantinya akan berbentuk screening dan diakhiri dengan pengumuman pemenang dari masing-masing kategori. whiteboardjournal, logo