Places to Go: RM Sepakat

Culinary
01.09.18

Places to Go: RM Sepakat

RM Sepakat dikenal sebagai rumah makan Padang favorit warga setempat karena cita rasanya yang autentik dan khas.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Salsabila Ramadhani
Foto: Moses Sihombing

WHERE

Bertempatan di basement Pasar Mayestik, nama RM Sepakat dikenal sebagai rumah makan Padang favorit warga setempat karena cita rasanya yang autentik dan khas.

Apabila mengunjungi saat makan siang, rumah makan dengan lahan yang cukup kecil dan sempit di dasar Pasar Mayestik ini akan padat dan dipenuhi oleh pengunjung. Kursi dan meja yang disediakan pun terbilang sedikit, sehingga para pengunjung harus mengantre dan bergantian untuk dapat duduk menikmati sajian. Namun, hal tersebut justru membuat masyarakat semakin penasaran dan menciptakan sensasi dan suasana makan Padang yang seru. Terdapat pula etalase kaca yang berisikan berbagai macam lauk pauk khas Padang yang dapat dipilih langsung oleh para pengunjung.

WHY

RM Sepakat merupakan salah satu rumah makan Padang legendaris di Jakarta. Hal tersebut terjadi karena rumah makan ini menyajikan berbagai macam sajian khas Padang dengan cita rasa yang lezat dan autentik. Berdiri sejak tahun 1967, terdapat 2 cabang dari RM Sepakat yang berlokasi di Pasar Mayestik dan Melawai.

RM Sepakat juga terkenal karena menjual berbagai macam menu khas Padang yang terbilang langka, salah satunya adalah Gulai Gajebo. Berbahan dasar sandung lamur, sajian berlemak ini sangat jarang ditemukan dan dijual di Jakarta. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau dan telah menjadi favorit masyarakat sejak lama. Para pelayan yang sangat ramah, interaktif, dan sigap dalam melayani para pengunjung pun membuat rumah makan ini terasa sangat hangat dan nyaman.

WHAT

Apabila mengunjungi RM Sepakat, silahkan mencoba menu andalannya, yakni gulai gajebo. Gajebo, atau yang sering disebut sandung lamur merupakan bagian punuk sapi yang kaya akan lemak dan daging yang empuk dan dipotong berukuran dadu. Sandung lamur ini dimasak dengan bumbu gulai asam padeh dan air kelapa yang meresap sampai ke serat-serat lemak dan daging – membuatnya terasa sangat gurih dan segar.

Selain gulai gajebo, tersedia berbagai macam sajian Padang lain, di antaranya adalah ikan bawal bakar, ayam bakar, ayam gulai, rendang, dan gulai tunjang. Berkat dimasak dengan bumbu yang kaya akan rasa dan rempah-rempah yang khas, rasa dari tiap hidangan yang ada di sini menggugah selera. Ditambah dengan adanya berbagai macam sambal, mulai dari sambal hijau hingga sambal merah yang dapat dinikmati sesuka hati, pengunjung bisa menambah sensasi pedas pada hidangan. Jadi, jika ingin mencari rasa autentik masakan Padang, RM Sepakat jadi salah satu yang patut dikunjungi.

RM Sepakat

Pasar Mayestik, Lantai Basement
Jl. Tebah, Blok M
Jakarta 12120whiteboardjournal, logo