Proyeksi Kerumitan ala Arsitek Zaha Hadid di Capital Hill Residence

Design
06.01.19

Proyeksi Kerumitan ala Arsitek Zaha Hadid di Capital Hill Residence

Pasca kematian Zaha Hadid 2016 silam, “Capital Hill Residence” hadir sebagai pencapaiannya di dunia arsitektur atas kerumitan tata ruang.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Wienda Putri Novianty
Foto: Dezeen

Baru-baru ini, sebuah cuplikan singkat dirilis Dezeen sebagai bocoran salah satu proyek yang pernah digarap oleh salah satu arsitek ternama berdarah Irak-British – Zaha Hadid. Pasca kematiannya di tahun 2016 silam, Hadid meninggalkan sebuah proyek arsitek private residence yang telah selesai dieksekusi di sebuah kawasan hutan Barvikha, Moscow. Bernama Capital Hill Residence, rumah ini akan diperuntukkan untuk seorang businessman tersohor di Rusia, Vladislav Doronin, dengan tatanan ruang rumit dan desain tak biasa.

Berbeda dengan rumah pada umumnya, rumah ala Hadid ini akan dibangun 22 meter di atas tanah. Berhubung dibangun dengan arsitektur tak biasa, dirinya akan menambahkan lift berdinding kaca sebagai fasilitas. Jelas siapapun yang menaiki lift ini akan disuguhkan dengan pemandangan pepohonan di Barvikha. Sesuai dengan konsepnya, rumah yang dibangun di tengah lokasi perhutanan juga akan memberikan nuansa alam bebas dan terbuka. Tak hanya lift, dinding arsitektur rumah akan didominasi dengan lapisan kaca mampu memberikan suasana pemandangan menyegarkan langsung menuju puncak-puncak pepohonan. Fasilitasnya pun juga tak kalah lengkap. Rumah yang dibangun 3 lantai akan dilengkapi mulai dari ruangan bersantai, ruangan bermain, lounge hingga perpustakaan.

Melihat inovasi desain arsitektur yang bisa terbilang cukup avant garde, predikat Hadid sebagai architectural genius sepertinya sudah tidak diragukan lagi. Mampu memproyeksikan sebuah rumah sesuai dengan visi seorang Vladislav Doronin. Kini Capital Hill Residence telah hadir setidaknya sebagai pencapaian dan puncak proyek Hadid atas kerumitannya di dunia arsitektur.whiteboardjournal, logo