Meningkatkan Konektivitas Pedesaan Indonesia, SpaceX Luncurkan Satelit Nusantara Satu

Design
24.02.19

Meningkatkan Konektivitas Pedesaan Indonesia, SpaceX Luncurkan Satelit Nusantara Satu

Bersamaan dengan satelit eksperimental Air Force dan misi bulan pertama membawa pendarat Israeli.

by Emma Primastiwi

 

Foto: CNBC

Semalam, sekali lagi SpaceX berhasil luncurkan roket Falcon 9. Merupakan peluncuran keduanya di tahun 2019, kali ini Falcon 9 dibekali tiga misi sekaligus.

Tidak hanya membawa satelit Nusantara Satu, Falcon 9 juga dibekali dengan dua misi tambahan, yakni peluncuran satelit eksperimental milik Air Force, juga pendarat Israeli yang akan singgah di bulan. Dioperasikan oleh Pasifik Satelit Nusantara, begitu Nusantara Satu mencapai orbit geostasioner, akan memberikan konektivitas yang lebih baik di daerah pedesaan Indonesia, serta meningkatkan sinyal internet, data dan komunikasi telepon.

Peluncuran ini akan menandai misi kedua Falcon 9 menggunakan booster yang telah digunakan sebelumnya. Booster tersebut berada di bagian ⅔ bawah roket yang berisi 9 mesin “Merlin” dan mempunyai peran paling besar untuk meluncurkan roket ini ke luar angkasa. Tentunya, dalam gaya Elon Musk sejati, SpaceX akan mendorong batas lebih jauh lagi. Kali ini, mereka akan berusaha untuk memulihkan booster tersebut untuk ketiga kalinya melalui kapal drone “Of Course I Still Love You” yang terinspirasi dari sebuah kapal dalam novel Banks, “The Player of Games”.

Akhirnya, pada T+ 44:50 detik, satelit Nusantara Satu berhasil diluncurkan ke orbit geostasioner. Jika semuanya berjalan dengan baik, hal ini akan menandakan perubahan signifikan dalam cara kita berkomunikasi hari ini. Mulai dari perkembangan pendidikan di pedesaan Indonesia, sampai kemajuan sinyal internet hingga telepon. Sebagai kerja sama pertama antara Pasifik Satelit Nusantara dan SpaceX, kiranya kesuksesan misi ini dapat menciptakan kemitraan harmonis antara Pasifik Satelit Nusantara dan SpaceX di masa depan. whiteboardjournal, logo