Places to Go: Soto Jakarta Bang Madun

Culinary
18.05.19

Places to Go: Soto Jakarta Bang Madun

Menyimpan citarasa legendaris di balik penampilan yang sederhana.

by Emma Primastiwi

 

Foto: Moses Sihombing  

WHERE

Telah berdiri dari tahun 1960-an, Soto Jakarta Bang Madun tentu sudah tidak asing lagi dalam ranah kuliner Jakarta. Sebagai salah satu kedai soto legendaris di Jakarta, kedai Bang Madun terbukti konsisten akan rasa yang disajikan dari awal berdirinya. Masih terletak di jalan Barito, Kebayoran Baru, kedai ini tetap menjadi salah satu kedai favorit para pecinta soto ibukota.

WHY

Buka sampai larut malam, kedai ini pas dijadikan destinasi andalan dalam bulan puasa; baik untuk berbuka maupun sahur. Begitu singgah di bangku kayu dalam kiosnya yang sederhana, pelayan akan langsung mengambil pesanan para pelanggan. Walau Soto Jakarta dan Soto Betawi mempunyai banyak kesamaan dalam segi isi juga penampilan, Soto Jakarta mempunyai profil rasa yang cukup berbeda. Dengan tambahan bumbu kacang mede, Soto Jakarta merupakan versi Soto Betawi yang jauh lebih gurih.

WHAT

Tidak memiliki menu lain, kedai Bang Madun hanya mengandalkan satu hidangan yakni, Soto Jakarta. Walau hanya mempunyai satu menu, pelanggan bisa memilih antara soto dengan daging saja, atau campuran paru, babat dan usus sapi. Apapun isinya, hidangan ini belum lengkap jika belum menambahkan Perkedel Kentang hangat yang tak kalah lezat dari hidangan utamanya.

Soto Jakarta Bang Madun

Jalan Barito 1
Kebayoran Baru
Jakarta Selatanwhiteboardjournal, logo