CD Projekt Red Menggaet Keanu Reeves Menjadi Karakter dalam “Cyberpunk 2077”

Media
11.06.19

CD Projekt Red Menggaet Keanu Reeves Menjadi Karakter dalam “Cyberpunk 2077”

Reeves sukses menjadi ikon lewat peran dalam game.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Stefano William A.
Foto: Nag

Tahun ini adalah tahun milik Keanu Reeves. Dirinya sedang dirayakan sebagai seorang ikon di setiap sudut internet ketika membicarakan budaya pop. Kehadiran Reeves sebagai seorang pembunuh penuh kharisma dan ketenangan dalam film aksi “John Wick: Chapter 3”, bisa dikatakan sebagai awal dari pembicaraan tentang dirinya. Setelah itu, dia kembali dalam film rom-com Netflix, “Always Be My Maybe” memerankan dirinya sendiri. Adegan yang menampilkan Reeves berjalan memasuki ruangan dengan alunan musik segera meramaikan dunia maya.

Tidak berhenti sampai di situ, publik dikagetkan dengan munculnya Reeves pada saat gelaran video game terkemuka, E3. Dalam sesi dari XBOX, dia muncul di atas panggung untuk membuka presentasi game “Cyberpunk 2077”. Game tersebut adalah adaptasi dari boardgame tahun 1988 berjudul “Cyberpunk 2020”. Dalam presentasinya, tim pengembang dari CD Projekt Red menampilkan trailer yang menceritakan seorang karakter setelah menyelesaikan tugas ‘gelap’ dan ingin mengambil upah dari atasannya malah dihajar dan dibuang. Penonton kemudian melihat dari sudut pandang karakter itu sendiri, terbangun di tumpukan barang rongsokan, dibangunkan oleh sosok Keanu Reeves. Beberapa pihak memprediksi sang aktor menampilkan peran karakter bernama Johnny Silverhand.

Apabila melihat dari sumber adaptasi, seperti umumnya pada role-play boardgame terdapat beberapa kelas karakter. Dalam “Cyberpunk 2020” dibuatlah kelas bernama “Rockerboy”. Silverhand, karakter yang dimainkan Reeves, termasuk dalam kelas ini. Secara umum, “Rockerboy” adalah pembawa pesan-pesan melawan perusahaan dan pemerintah melalui musik. Inspirasi dari jenis karakter seperti itu datang dari musisi dengan  jiwa pemberontak namun punya kemampuan berkarya yang tinggi layaknya Bob Dylan, Bruce Springsteen, atau The Rolling Stones.

“Cyberpunk 2077” akan rilis pada tanggal 16 April 2020 mendatang untuk konsol PlayStation 4, Xbox One, juga Windows PC. Publik punya waktu kurang dari satu tahun untuk melihat apakah ‘Rocker Keanu’ memenuhi ekspektasi.whiteboardjournal, logo