Who, What, Why: Kollektiv Tankga

Design
12.06.19

Who, What, Why: Kollektiv Tankga

Sebuah kolektif desain dengan latar belakang lintas jurusan

by Whiteboard Journal

 

Teks: Ibrahim Soetomo

WHO

Kollektiv Tankga merupakan sebuah kolektif desain yang berisikan 8 individu dengan latar belakang lintas jurusan, dari desain grafis, multimedia hingga ilustrasi. Kollektiv Tankga tumbuh dari lingkup pertemanan kampus Institut Kesenian Jakarta, dan sebagai kolektif anyar, mereka belakangan terlibat di pameran-pameran dan proyek-proyek kolaborasi di Jakarta. Kolektif ini juga kerap memproduksi artist’s merchandise dan membuat mixtape berkala.

WHAT

Pada Mei lalu, beberapa individu dari Kollektiv Tankga telah berpameran di sebuah proyek kolaborasi “Nubuat Tentang Hawa”, di mana mereka mengilustrasikan sajak-sajak seorang penulis/seniman Stephania Shakila dari buku kumpulan sajak dengan judul yang sama. Satu bulan sebelumnya, di lain kegiatan, mereka juga terlibat dalam merancang instalasi yang ditemani proyeksi visual di sebuah gelaran musik “Funkot” di Galeri Atiga, Jakarta Selatan. Keragaman minat, pengalaman pribadi, serta latar belakang pendidikan masing-masing individu membuat Kollektiv Tankga bebas mengerjakan kegiatan-kegiatan lintas medium. Pembuatan mixtape dan artist’s merchandise berkala juga kian menunjukkan kebisaan mereka dalam berkarya.

WHY

Melihat budaya berkolektif yang kini sedang marak terjadi di lingkungan seni rupa kontemporer Jakarta dan sekitarnya, Kollektiv Tankga dapat menonjol karena fokusnya, yaitu desain. Tak heran jika mereka dapat berkarya lintas medium dari ilustrasi, motion graphic, video mapping, hingga merchandise. Melihat keleluasaan praktik ini, Kollektiv Tankga merupakan contoh kolektif potensial yang karya dan gelarannya patut kita tunggu-tunggu.whiteboardjournal, logo