Menelusuri Kolaborasi Kedua Burial dan Bug dalam “Dive / Rain”

Music
12.08.19

Menelusuri Kolaborasi Kedua Burial dan Bug dalam “Dive / Rain”

Dengan tetap mengedepankan nuansa mencekam, Burial dan Bug kembali berkolaborasi dalam EP singkat.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Billy Dewanda
Foto: Pitchfork

Produser elektronik asal Inggris Burial (William Bevan) dan Bug (Kevin Martin) pada tahun lalu telah berhasil menjalin kerja sama yang berujung pada sebuah karya kolaborasi bernama Flame 1. Semangat kreatifitas yang masih membara dari kolaborasi ini nampak masih menyala, karena kali ini mereka kembali dalam proyek karya keduanya, kali ini dengan nama band Flame 2 – hadir bersama untuk kedua kalinya ke hadapan publik dengan membawakan dua lagu baru berjudul “Dive” dan “Rain”.

“Dive” dan “Rain” hadir sebagai  pendamping untuk karya sebelumnya “Fog” dan “Shrine”. “Dive” menggambarkan perjalanan lima menit dengan nuansa mencekam nan destruktif. Hentakan drum menakutkan yang menggema dan berguling dengan presisi sehingga membawa pendengar berada dalam ruang diselimuti sisi gelap akan dirinya. Berbeda dengan “Dive” yang menjatuhkan, lagu kedua “Rain” justru membawa kepada sebuah pendakian. Menampilkan bass yang tersemat dan permainan drum kasar berjalan sepanjang siklus lagu mampu menghantui pendengar lewat aransemennya.

Sejak 2007, Burial telah mengeluarkan beberapa single dengan konsep EP singkat, namun demikian tidak kunjung mengeluarkan sebuah album penuh. 

Kini, “Dive / Rain” sudah tersedia dalam edisi fisik untuk dinikmati khalayak.whiteboardjournal, logo