Melalui Kickstarter, Karmic Membuka Crowdfunding untuk Merilis Sepeda Elektrik Terbaik “Oslo”

Design
21.09.19

Melalui Kickstarter, Karmic Membuka Crowdfunding untuk Merilis Sepeda Elektrik Terbaik “Oslo”

Sepeda elektrik dengan baterai 480Wh, jarak tempuh 20 mil, dan berat 20 kg.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Gernas Geraldi
Foto: The Verge

Sepeda merupakan alat transportasi yang sedang banyak dipilih masyarakat untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Selain menambah kegiatan fisik untuk menjaga kesehatan, juga mengurangi polusi. Dalam tujuan mengurangi polusi, saat ini juga sudah banyak bermunculan transportasi-transportasi bertenaga listrik yang tentunya mengurangi emisi gas buang. Karmic, sebuah perusahaan sepeda yang berbasis di Jerman, menciptakan sebuah sepeda bertenaga listrik bernama “Oslo” yang bisa digunakan untuk aktivitas fisik dan juga dapat dijadikan sepeda motor. 

Oslo memiliki memiliki baterai berkapasitas 480Wh yang memungkinkan sepeda listrik tersebut menempuh jarak 20 mil per pengisian daya, dengan kecepatan maksimal 20 mph yang dibantu dengan kayuhan secara manual. Sepeda ini hadir dalam bentuk ramping seperti skuter elektrik dengan tempat duduk lebar, ban berwarna hitam lebar tanpa jari-jari, serta kerangkanya yang terbuat dari alumunium dan thermoplastic bodywork. Dengan bobot keseluruhan seberat 20 kg, sepeda ini lebih ringan dari sepeda-sepeda listrik pada umumnya yang justru malah memiliki tenaga lebih rendah.  

Lewat ide ini, pihak Karmic juga berharap agar para pengguna lebih sering menggunakan pedal dibanding menggunakannya seperti sepeda motor. Dikabarkan bahwa Karmic telah mendapatkan baterai opsional dengan rentang diperpanjang 960Wh yang sedang dikembangkan sehingga akan menjadikan sepeda ini menjadi sepeda elektrik terbaik. Namun, sepeda ini belum dapat dirilis. Melalui Kickstarter, sebuah platform pendanaan umum terbesar di dunia yang berguna untuk membantu produksi proyek-proyek kreatif, Karmic melakukan kampanye untuk mengumpulkan dana agar sepeda Oslo dapat dirilis. whiteboardjournal, logo