Bangkutaman dan Harlan Boer Rilis “Dam Dam Pop!” di Cassette Store Day 2019

Music
15.10.19

Bangkutaman dan Harlan Boer Rilis “Dam Dam Pop!” di Cassette Store Day 2019

Perilisan album untuk memeriahkan gelaran international Cassette Store Day 2019.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Novila Nuramalia
Foto: Bangkutaman

Menyambut Cassette Store Day (CSD) yang jatuh tanggal 12 Oktober kemarin, Bangkutaman memberikan kejutan spesial. Band asal Jakarta ini membuat proyek kolaborasi spesial dengan singer songwriter Harlan Boer dan menghasilkan sebuah mini album bertajuk “Dam Dam Pop!”, dirilis oleh SRM.

 “Dam Dam Pop!” adalah proyek kolaborasi rekaman pertama trio yang kini digawangi Acum (vokal/gitar), Mada (bass) dan Uta (drum) sejak berdiri tahun 1999. Berisi 3 buah lagu sendiri dan 2 lagu cover dari “She Never Come Home” milik Blossom Diary band indiepop asal Bandung, dan “Rindu” milik band indiepop Planetbumi asal Jakarta. Seluruh materi ini direkam dan di-mixing di Palm House Studio, Jakarta, oleh Pandji Dharma, yang dikenal sebagai gitaris dari band Sirati Dharma. Desain cover dikerjakan oleh Satria Ramadhan dengan foto dieksekusi oleh Reno Nismara yang dikenal sebagai vokalis dari unit psikedelik rock Crayola Eyes. 

 Kolaborasi musikal ini terjadi sangat cepat alias dadakan. Harlan Boer menyampaikan gagasan kepada personil Bangkutaman lalu mereka langsung menggodok materi tersebut selama dua hari, tepatnya sebelum perhelatan Cassette Store Day. Munculnya spontanitas Harlan Boer dalam menulis lagu-lagunya sendiri ini menjadikan karya yang menurutnya sangat spesial. Menurut Harlan Boer, awalnya proyek rekaman ini adalah sebuah nostalgia merekam ulang lagu-lagu indiepop favoritnya, hingga pada akhirnya di sesi jamming di studio, lahirlah lagu-lagu hasil kolaborasi tak terduga. Tak ada benang merah di mini album ini, semua mengalir sesuai dengan perasaan ketika lagu itu dibuat. “Musiknya ngelebur banget, mulai dari distorsi yang berlebih atau dari gonjrang-gonjreng manis dan petikan-petikan manja,” ujar Harlan.

“Dam Dam Pop!” Telah tersedia dalam bentuk kaset dan berhasil dijual pada event Cassette Store Day! pada 12 Oktober lalu yang bertempat di Panhead Sky Rooftop, Radio Dalam, Jakarta. Namun, belum ada rencana apapun terkait apakah mini album ini akan dirilis di kanal digital. Kita tunggu saja!whiteboardjournal, logo