Who, What, Why: Adji Herdanto

Design
11.12.19

Who, What, Why: Adji Herdanto

Mengenal salah satu penggerak studio desain grafis Akronim yang aktif di Surabaya.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Novila Nuramalia

WHO

Ketertarikannya terhadap karakter komik sedari kecil membawa ia terus menggeluti dunia gambar hingga kini berfokus menjalankan studio desain grafis. Ialah Adji Herdanto, seorang desainer grafis penggerak studio Akronim yang berbasis di Surabaya. Digagas bersama Anas Kautsar, Akronim kini terus berkiprah dalam ranah industri seni dengan pendekatan karakter simpel dan minimalis. 

 

WHAT

Sebagai pelaku seni, Adji seringkali diundang oleh universitas juga berbagai event lain untuk mengisi talkshow bertemakan seputar desain. Pun pada Akronim, hingga kini studio tersebut kerap aktif mengerjakan proyek-proyek desain komersial mulai dari corporate identity, signage, hingga directing sebuah children story-book yang interactive. Pada perjalanannya, Akronim pun sempat terlibat dalam acara-acara besar seperti eksibisi IRAMA VISUAL, melahirkan vinyl cover musisi pop Donna Sumarna yang legendaris. Hingga terlibat pada proyek pitch Logo HUT RI 74 gelaran ADGI 2019 sebagai salah satu partisipan yang mewakili kota Surabaya. Konsisten menjalankan bisnis sekaligus perluasan karya, Akronim aktif dalam mengunggah work in progress seputar pekerjaan desain grafisnya di sosial media.

WHY

Lahirnya Akronim berawal dari besar keinginan untuk berkarya sesuai idealisme sendiri dalam merealisasikan beberapa proyek inisiatif. Dalam mendefinisikan identitasnya sebagai studio desain grafis di masyarakat, Akronim terus melakukan sounding secara visual, dengan terus fokus dalam membangun portofolio melalui proyek-proyek yang sedang dikerjakan. Melihat maraknya kelahiran studio di lingkungan kreatif industri seni di Indonesia, Akronim berpotensial menjadi salah satu sorotan karena konsistensinya dalam bidang seni dan keleluasaan karya-karyanya. Melalui kemunculannya, Akronim berharap iklim desain grafis bisa menjadi lebih beragam baik itu di Surabaya ataupun Indonesia.whiteboardjournal, logo