“BAPAK”, Proyek Musik Terbaru Yosugi/BAP., Luncurkan Single Pertama

Music
25.02.20

“BAPAK”, Proyek Musik Terbaru Yosugi/BAP., Luncurkan Single Pertama

Berbeda dengan BAP./Yosugi, BAPAK mengusung musik hardcore punk dan rock progresif yang kaya akan distorsi dan efek gitar.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Avicena Farkhan Dharma
Foto: BAP.

Untuk memenuhi eksplorasinya di bidang musik dan eksperimentasi, Kareem Soenharjo, atau yang lebih dikenal dengan Yosugi/BAP., membentuk sebuah proyek musik baru bernama “BAPAK”. Berbeda dengan proyek Yosugi/BAP. yang berporos di hip hop, BAPAK mengusung eksplorasi pada musik hardcore punk dan progressive rock. Belum lama ini, mereka meluncurkan single perdana berjudul “Jon Devoight” yang menghadirkan sound hardcore eksperimentatif yang dipadu dengan penulisan lirik nan tajam.

Single “Jon Devoight” diawali dengan perpaduan melodi gitar listrik yang diiringi dengan dentuman drum bertempo pelan. Energi pada lagu ini hadir ketika vokal mulai masuk, diiringi dengan tabuhan drum dan melodi gitar bertempo cepat. Hal menarik dari lagu ini terdapat di bagian akhir, di mana kita disuguhi oleh instrumen tanpa vokal selama satu menit penuh. Pada bagian ini, perpaduan distorsi dan efek gitar sukses menutup lagu dengan begitu apik melalui komposisi chaotic nan lantang. Lagu ini sebenarnya berdurasi sekitar tujuh menit, namun dipotong menjadi 3 menit 19 detik untuk versi single. Versi full lagu ini disebutkan akan hadir di album perdana BAPAK yang belum memiliki jadwal rilis.

Perilisan single perdana ini turut disertai dengan music video yang diunggah pada kanal YouTube BAPAK/BAP./Yosugi. Video klip disutradarai oleh Arick Ahong, dibantu oleh Hashfi Radifan sebagai videografer dan Izzy VNGNC sebagai penyunting gambar. Menggunakan format square, video ini menangkap kegelisahan dan kekhawatiran seseorang dalam mengarungi kehidupan urban di Jakarta hari ini.

Hadir dengan format band, BAPAK turut beranggotakan Alfath (Flowrpit), Bagas Encek (Tarrkam), dan Kevin (Whoosah). Unit ini merupakan bentuk eksplorasi Kareem Soenharjo terhadap batasan-batasan musikal yang tidak dapat dicapai melalui proyek BAP. maupun Yosugi. Sembari menanti album pertama BAPAK, tonton video klip untuk single pertama berjudul “Jon Devoight” melalui tautan di bawah.whiteboardjournal, logo