Russel Houghten Unggah Kembali Video “Urban Isolation” di Era Social Distancing

Film
24.03.20

Russel Houghten Unggah Kembali Video “Urban Isolation” di Era Social Distancing

Dirilis pertama kali enam tahun yang lalu, video ini cerminkan situasi ruang publik tanpa hiruk-pikuk kehidupan sebelum COVID-19.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Annisa Nadia Harsa
Foto: Russel Houghten

Wabah pandemi global, COVID-19, yang telah berujung kepada kebijakan untuk self-quarantine terkadang memicu penggambaran post-apocalyptic atau dystopian. Tempat-tempat yang dahulu ramai dengan pengunjung dan jalan-jalan yang kerap dilalui oleh penduduk pun sekarang sepi. Gambaran seperti inilah yang ditangkap oleh filmmaker asal Amerika, Russell Houghten, dalam karya videonya yang bertajuk “Urban Isolation”.

Digarap dan diluncurkan di tahun 2014, “Urban Isolation” menggambarkan kota Los Angeles yang sunyi tanpa adanya kemacetan ataupun penghuni selain sosok skater tunggal yang menyusuri jalanan-jalanan kota tersebut. Jalan-jalan tol di kota tersebut yang biasanya ramai pun terlihat sepi dan kosong, tak jauh dengan keadaan ruang-ruang publik pada belakangan ini. Walaupun diluncurkan enam tahun yang lalu, klip berdurasi tiga menit ini kini sangat relevan seolah-olah suatu bentuk cerminan atau bahkan foreshadowing akan situasi social distancing ini. Hal ini merupakan faktor yang memicu Houghten untuk kembali mengunggah video tersebut melalui akun Instagram resminya.

Sebagai filmmaker Russell Houghten sendiri juga sebelumnya terkenal melalui Brindle Collective yang kerap menggarap video komunitas skaters dan streetwear labels seperti Volcom, New Balance, dan Huf.whiteboardjournal, logo