Who, What, Why: Hakasasi.id

Human Interest
29.05.20

Who, What, Why: Hakasasi.id

Sebuah inisiatif dan lembaga yang mengedepankan riset dan data dalam penanganan isu-isu hak asasi manusia.

by Emma Primastiwi

 

Teks: Annisa Nadia Harsa

WHO

Hakasasi.id adalah sebuah inisiatif berbentuk platform riset digital yang bergerak di bidang isu-isu hak asasi manusia di Indonesia. Selain menyediakan wadah untuk melaksanakan riset dengan menyediakan data cloud sebagai sumber informasi mengenai kasus, situasi, serta fakta seputar berbagai isu hak asasi manusia, inisiatif ini juga menyajikan sebuah wadah untuk pengaduan serta laporan dari publik yang mengalami pelanggaran HAM. Selain menawarkan jasa bantuan, inisiatif berbasis online ini juga mengolah berbagai informasi yang mereka peroleh menjadi informasi yang mudah dimengerti sekaligus disebarkan melalui internet. Tak hanya itu, Hakasasi.id juga mengedukasi publik mengenai jenis-jenis pelanggaran HAM yang bisa dilaporkan serta cara melaporkannya.

WHAT

Dengan pemanfaatan cloud sebagai sumber riset mereka, Hakasasi.id tetap menyadari akan adanya kerentanan akan misinformasi di tengah banyaknya data dan informasi yang beredar. Oleh karena itu, dalam riset mereka Hakasasi.id menerapkan disiplin yang tinggi dalam memilah data dan informasi dengan sebuah metode khusus. Tahapan pertama dalam riset mereka adalah proses penyaringan data dan informasi bersumber kredibel seperti badan hukum atau lembaga informasi. Informasi dan data tersebut kemudian diolah dan disampaikan secara berseri oleh Hakasasi.id guna memudahkan pengertian informasi yang disampaikan kepada publik, yang merupakan tahapan kedua dari praktisi mereka. Tema atau topik yang disampaikan pun beragam, seperti perihal upah para pekerja di tengah pandemi yang tidak sesuai dengan Undang-Undang Ketenagakerjaan, penolakan kriminalisasi jurnalis, dan lainnya.

Adapun praktisi mereka sebagai inisiatif yang juga menerima pengaduan dan laporan pelanggaran HAM dari masyarakat, Hakasasi.id bekerja sama dengan Lokataru, sebuah yayasan dan lembaga hukum yang berfokus pada kasus-kasus HAM. Guna memberi dukungan bagi masyarakat yang melapor, Hakasasi.id akan memproses dokumen-dokumen laporan serta barang bukti yang ada secara matang dan kemudian berkonsultasi dan menginvestigasi kasus tersebut bersama Lokataru selaku tim hukum. Salah satu kasus yang dikerjakan oleh Hakasasi.id adalah pelanggaran yang dialami oleh Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) pada Pemilu 2019 silam mengenai upah yang tidak memadai serta jaminan kesehatan selama masa kerja mereka.

WHY

Sebagai sebuah inisiatif sekaligus lembaga yang bergerak di bidang isu-isu hak asasi manusia, Hakasasi.id tak hanya berperan sebagai badan yang menawarkan jasa penanganan kasus pelanggaran HAM saja, tetapi juga ingin mengatasi masalah tersebut dengan mengedukasi publik. Penggunaan data cloud yang kemudian diolah menjadi seri konten infografis melalui situs ataupun Instagram mereka pun merupakan upaya untuk meningkatkan kepekaan publik terhadap isu-isu yang ada, aset-aset yang disebut sebagai tools tersebut pun dapat diunduh dan dibagikan secara umum sehingga dapat meningkatkan kepedulian juga di antara mereka. Tak hanya itu, adanya artikel-artikel yang membahas topik-topik beragam meliputi isu HAM juga membuka ruang untuk diskusi kepada publik. Di era yang didominasi dengan kehidupan digital, adanya lembaga yang berfokus dengan data sebagai cara untuk menangani isu-isu HAM merupakan hal yang penting, terutama dengan adanya kecemasan mengenai misinformasi ataupun hoaks yang masih kerap beredar tiap harinya.whiteboardjournal, logo