American Film Institute Gratiskan Streaming “Do The Right Thing” Karya Spike Lee

Film
27.06.20

American Film Institute Gratiskan Streaming “Do The Right Thing” Karya Spike Lee

Film yang dirilis tahun 1989 ini mengisahkan tentang konflik rasial pada sebuah pemukiman di Brooklyn, New York.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Annisa Nadia Harsa
Foto: Pinterest

AFI, atau American Film Institute, telah menggratiskan penayangan film karya Spike Lee bertajuk “Do The Right Thing” melalui berbagai layanan streaming film. Keputusan untuk menggratiskan film ikonis oleh Spike Lee ini termotivasi akibat gerakan Black Lives Matter yang kembali terpicu akibat kematian George Floyd akibat kebrutalan polisi. Film yang dirilis tahun 1989 ini pun memiliki tema-tema pembahasan mengenai diskriminasi dan ketidaksetaraan rasial di Amerika Serikat.

Film “Do The Right Thing” karya Spike Lee sendiri menceritakan tentang ketegangan rasial antara komunitas Italia-Amerika dan Afrika-Amerika di pemukiman Bedford-Stuyvesant di Brooklyn, New York. Konflik mengenai ras ini pun terpicu ketika salah satu penduduk yang bernama Buggin’ Out (Giancarlo Esposito) memprotes Sal (Danny Aiello) akan kurangnya representasi aktor berketurunan Afrika Amerika pada sebuah wall-of-fame di pizzeria yang ia miliki dan kelola, walaupun restoran tersebut berlokasi di pemukiman Afrika-Amerika. 

Selain menggratiskan penayangan “Do The Right Thing”, AFI kabarnya juga telah berencana untuk menggelar sebuah sesi diskusi secara live bersama Spike Lee mengenai film tersebut serta isu-isu mengenai ras di Amerika Serikat. Kini, rekaman diskusi live tersebut telah tayang dan dapat ditonton melalui YouTube resmi AFI.

Bagi yang tertarik, “Do The Right Thing” dapat ditonton secara gratis hingga 29 Juni di berbagai layanan streaming. Sedangkan sesi diskusi bersama Spike Lee bisa ditonton melalui tautan di bawah ini.

 whiteboardjournal, logo